Share

Kapan Mulai Puasa Ramadan 2022? Kemenag Baru Gelar Sidang Isbat Jumat 1 April

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 614 2570329 kapan-mulai-puasa-ramadan-2022-kemenag-baru-gelar-sidang-isbat-jumat-1-april-GEXnCGOjej.jpg Ilustrasi puasa Ramadan. (Foto: Shutterstock)
A A A

MASYARAKAT Indonesia banyak yang bertanya: Kapan mulai puasa Ramadan 2022? Sementara pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengumumkan baru menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Ramadan 1443H pada hari Jumat 1 April mendatang.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menjelaskan bahwa pihaknya bakal menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Ramadan 1443H pada Jumat 1 April 2022M sore. Berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag.

Baca juga: Doa Melihat Hilal Awal Ramadan, Lengkap Tata Cara hingga Keutamaannya 

Ia menerangkan, sidang isbat bakal didahului Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Kemudian akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil penghitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, terang Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat 1 April 2022M atau bertepatan dengan 29 Syaban 1443H, sekira pukul 13.24 WIB.

Baca juga: Selama Ramadan 2022 Arab Saudi Batasi Penggunaan Pengeras Suara Masjid 

"Pada hari rukyat, 29 Syaban 1443H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," ungkap Adib dalam keterangan resminya yang diterima Okezone beberapa waktu lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lantas, kapan awal Ramadan 1443H? Adib menyatakan masih menunggu hasil rukyatul (pemantauan) hilal.

Baca juga: 3 Amalan Dahsyat Menyambut Ramadan, Syekh Ali Jaber Sebut Pahalanya Sangat Besar 

Baca juga: Arti Ramadan Kareem Beserta Hukum Mengucapkannya 

"Kemenag telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh wilayah Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat,” paparnya.

"Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Ramadan 1443H," jelasnya. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini