Share

Doa Melihat Hilal Awal Ramadan, Lengkap Tata Cara hingga Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 618 2570310 doa-melihat-hilal-awal-ramadan-beserta-tata-caranya-lengkap-arti-hingga-keutamaannya-44QkjJgyP9.jpg Ilustrasi doa melihat hilal awal Ramadan. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
A A A

TIDAK terasa awal bulan Ramadan 1443H/2022M tinggal beberapa hari lagi. Pemerintah bersama organisasi kemasyarakatan Islam pun akan menggelar pengamatan hilal penetapan awal bulan Ramadan.

Ketika seseorang yang ditugaskan mengamati hilal melihatnya, maka disunahkan membaca doa. Berikut ini doa ketika melihat hilal yang menjadi tanda awal bulan hijriah, sebagaimana dikutip dari aplikasi Apa Doanya.

Baca juga: 3 Amalan Dahsyat Menyambut Ramadan, Syekh Ali Jaber Sebut Pahalanya Sangat Besar 

Doa Melihat Hilal

اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allaahu akbar, allaahumma ahillahu 'alainaa bil amni wal iimaan, was-salaamati wal islaam, wat-taufiiqi limaa tuhibbu wa tardhoo, robbunaa wa robbukallaah.

"Allah Maha Besar, Ya Allah, munculkanlah hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq kepada apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Rabb kami dan Rabb kamu (wahai bulan) adalah Allah."

(HR Ahmad dalam musnadnya 888, Ad-Darimi dalam sunannya 1729, At-Thabrani dalam Mu'jam al-Kabir 13330. Hadis ini digolongkan hadis shahih li ghairi oleh Al-Albani dalam As-Shahihah nomor 1816, dan dinilai shahih oleh Syu'aib Al-Arnauth dalam Ta'liq Musnad Ahmad 3/171)

Baca juga: Arti Ramadan Kareem Beserta Hukum Mengucapkannya 

Berdasarkan riwayat dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, beliau mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam apabila melihat hilal, beliau berdoa (doa di atas).

Doa ini hanya dibaca ketika seseorang melihat hilal di awal bulan. Karena itu, bagi yang tidak melihat hilal, tidak disyariatkan membaca doa ini ketika masuk awal bulan (sebagaimana keterangan Syekh Dr Said Al Qahthani dalam Syarh Hisnul Muslim, halaman 262)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak dianjurkan membaca doa ini sambil menghadap hilal, namun tetap dengan menghadap arah kiblat. Syekh Al Albani mengatakan, "Banyak orang menghadap ke bulan (hilal) ketika membaca doa ini. Sebagaimana mereka menghadap ke arah kuburan ketika mendoakan mayit. Dan semua ini tidak boleh. Mengingat ketentuan dalam syariah: Tidak boleh menghadapkan diri ketika berdoa kecuali ke arah kiblat sholat."

Baca juga: Buya Yahya Ungkap Keutamaan Luar Biasa Sedekah di Bulan Ramadan, Jangan Ditunda-tunda! 

Sungguh indah apa yang diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah (nomor 9729), dari Ali bin Abi Thalib, bahwa beliau mengatakan, "Apabila kalian melihat hilal, janganlah menengadahkan kepalanya ke arah hilal (untuk berdoa), tapi cukup berdoa dengan mengucapkan: (doa di atas)."

Kemudian dari Ibnu Abbas bahwa beliau membenci seseorang menghadapkan wajahnya ke arah hilal untuk berdoa. Namun cukup dia menghadap sebentar kemudian ke arah yang lain dan membaca doa (doa di atas). (Ta'liq ala Al Kalimut Thayyib nomor 162, dinukil dari Syarh Hisnul Muslim halaman 263)

Baca juga: Buya Yahya Ungkap Hukum Tradisi Ruwahan Jelang Ramadan Menurut Syariat 

Doa ini adalah doa umum, berlaku untuk semua awal bulan, tidak khusus untuk bulan Ramadan. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini