Share

Ini Manfaat Baca Surat Al Kahfi Setiap Malam Jumat, Sangat Luar Biasa Besar, Sayang jika Dilewatkan!

Hantoro, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 330 2570930 ini-manfaat-baca-surat-al-kahfi-setiap-malam-jumat-sangat-luar-biasa-besar-sayang-jika-dilewatkan-ynUptSZBYj.jpg Ilustrasi manfaat membaca Surat Al Kahfi setiap malam Jumat. (Foto: Abdulmelik Aldawsari/Pexels)
A A A

SURAT Al Kahfi disunahkan dibaca mulai malam Jumat hingga batasnya hari Jumat besoknya. Ada banyak manfaat membaca Surat Al Kahfi. Maka itu, jangan pernah melewatkannya.

Surat Al Kahfi sendiri memiliki arti "Para Penghuni Gua". Berada di urutan ke-18 dalam kitab suci Alquran, Surat Al Kahfi berisi 110 ayat. Kemudian termasuk golongan Makkiyyah atau turun di Kota Makkah.

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110, Lengkap Arti dan Terjemahan Indonesia 

Dihimpun dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal ST MSc menerangkan tuntunan membaca Surat Al Kahfi setiap Kamis malam atau malam Jumat berdasarkan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: 11 Negara dengan Waktu Puasa Tercepat, Indonesia Termasuk? 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun manfaatnya dijelaskan bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala, orang yang membaca Surat Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Baca juga: Bikin Merinding! Ustadz Abdul Somad Ungkap Keistimewaan Luar Biasa Baca Surat Yasin saat Ramadan 

Baca juga: Surat Yasin Ayat 1-83, Ini Keistimewaan Membacanya, Buka di Alquran Digital Okezone 

Oleh karena itu, sangat sayang jika dilewatkan membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat ini. Mengingat, amalan sunah tersebut sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan terdapat pahala besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini