Share

Tips Membaca Surat Al Kahfi Supaya Khatam Setiap Jumat

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 614 2571111 tips-membaca-surat-al-kahfi-supaya-khatam-setiap-jumat-601raEZJuS.jpg Tips membaca surat Al Kahfi supaya khatam setiap Jumat (Foto: Istimewa)
A A A

JAKARTA - Kaum muslim disunahkan rutin membaca surat Al Kahfi setiap hari Jumat yang penuh keberkahan. Pasalnya, ada pahala besar di balik mengerjakan amal salih ini.

Diketahui bahwa surat Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Ini merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran. Al Kahfi berisi 110 ayat, dan termasuk surah Makkiyyah atau diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam di Kota Makkah.

Berdasarkan riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Lantas, apa tips membaca surat Al Kahfi supaya khatam dibaca setiap hari Jumat? Selengkapnya berikut ini.

Cara membaca surat Al Kahfi agar khatam di hari Jumat bisa dilakukan dengan membaginya ke dalam empat bagian. Pertama berisi ashabul kahfi, kedua tentang kisah pemilik kebun, ketiga tentang Nabi Musa dan Khidir, dan terakhir adalah kisah Zulkarnain, Yakjuj dan Makjuj. Contoh:

- Hari Kamis setelah Maghrib: Ayat 1-31

- Hari Kamis setelah Isya: Ayat 32-59

- Hari Jumat setelah Subuh: Ayat 60-83

- Hari Jumat setelah Dzuhur: Ayat 84-110

Sementara itu, surat Al Kahfi selengkapnya bisa dibaca dengan mengeklik tautan berikut ini: Alquran Digital Okezone.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini