Share

Jadwal Imsakiyah Ramadan 2022, Lengkap Buka Puasa hingga Waktu Sholat

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 614 2571346 jadwal-imsakiyah-ramadan-2022-lengkap-buka-puasa-hingga-waktu-sholat-VYc5knq1JY.jpg Ilustrasi jadwal imsakiyah bulan Ramadan 2022 untuk wilayah Indonesia. (Foto: Shutterstock)
A A A

JADWAL imsakiyah Ramadan 2022, buka puasa, dan waktu sholat cukup banyak dicari kaum Muslimin Tanah Air. Bertujuan memudahkan dalam melakukan santap sahur beserta ibadah lainnya di bulan puasa tahun ini.

Adapun penentuan awal bulan Ramadan 2022M/1443H masih menunggu keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. Sidang isbat sendiri baru dimulai hari ini, Jumat (1/4/2022) sore.

Baca juga: Jelang Ramadan, Amalkan 8 Sunah di Hari Jumat Berpahala Besar Ini 

Ramadan. (Foto: Shutterstock)

Sidang isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil penghitungan secara astronomis (hisab), dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat 1 April 2022M atau bertepatan dengan 29 Syaban 1443H sekira pukul 13.24 WIB.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Kalahkan Pasukan Raja Cuma dengan Dilempari Pasir, Gampang Banget! 

"Pada hari rukyat, 29 Syaban 1443H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib dalam keterangan resminya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Kemenag telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan peradilan agama dan ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat.

Nah, guna mengetahui Jadwal Imsakiyah Ramadan 2022 hingga waktu berbuka puasa dan sholat lima waktu untuk seluruh wilayah Indonesia bisa klik di sini. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ayat Kursi Lengkap Bacaan Arab, Terjemahan Bahasa Indonesia, hingga Keutamaannya 

Baca juga: Bacaan Surat Al Kahfi Lengkap 110 Ayat Terjemahan Indonesia, Buka di Alquran Digital Okezone 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini