Share

Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat Beserta Witir

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 02 614 2572184 tata-cara-sholat-tarawih-8-rakaat-beserta-witir-KPWJf2SnJz.jpg Tata cara sholat tarawih 8 rakaat (foto; Okezone)
A A A

JAKARTA - SHOLAT Tarawih menjadi salah satu ibadah khas bulan Ramadhan. Pelaksanaan ibadah sunnah ini ternyata bisa dilaksanakan dengan jumlah rakaat yang bisa disesuaikan.

"Sejatinya sholat Tarawih itu tidak ada ketentuan khusus berapa jumlah rakaatnya alias bebas," terang Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadits Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi Okezone.

Ustad Fauzan menegaskan kembali tentang jumlah rakaat tarawih yang fleksibel berdasarkan sejarahnya dan beberapa hadist.

Dari Abi Hurairah ra: Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam menggemarkan Salat pada bulan Ramadan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau berkata: “Barang siapa yang melakukan ibadah (Salat tarawih) di bulan Ramadan hanya karena iman dan mengharapkan ridho dari Allah, maka baginya di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat”. (HR: Muslim).

Pada zaman sahabat Umar, rakaat sholat tarawih adalah 20 rakaat tanpa witir, sebagaimana yang sudah disepakati oleh umatnya, baik ulama’ salaf atau ulama’ kholaf bahkan ini sudah menjadi ijma’ sahabat dan semua ulama’ madzhab, Syafi’i, Hanafi, Hanbali dan mayoritas Madzhab Maliki. Dalam konteks keindonesiaan, warga Nahdlatul Ulama menerapkan konsep sholat Tarawih ini.

Imam Malik sendiri memilih 8 rakaat namun secara mayorits Malikiyyah sesuai dengan pendapat mayoritas Syafi’iyyah, Hanabilah, dan Hanafiyyah yang telah sepakat bahwa sholat Tarawih terdiri dari 20 rakaat.

Sebagian umat Muslim di Indonesia melaksanakan sholat Tarawih sebanyak 11 rakaat, yakni termasuk tiga rakaat witir juga bisa menjadi pilihan, dengan formasi 4-4-3 (witir). Ada juga yang 11 rakaat dengan formasi 2-2-2-2-2-1 (witir).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dari Abu Salamah bin Abdirrahman, ia bertanya kepada Aisyah RA, 'Bagaimanakah shalat Rasulullah SAW di bulan Ramadhan?'

“Aisyah RA menjawab, 'Rasulullah SAW tidak pernah menambah di dalam Ramadhan dan di luar Ramadhan lebih dari 11 rakaat. Beliau shalat empat rakaat, jangan engkau tanya tentang bagus dan panjangnya. Kemudian, beliau shalat empat rakaat jangan engkau tanya tentang bagus dan panjangnya. Kemudian, beliau shalat tiga rakaat."

Berikut tata cara sholat Tarawih 8 rakaat :

1. Membaca niat salat tarawih dalam hati

2. Takbiratul ihram

3. Baca ta'awudz dan Surat Al-Fatihah

4.Lanjutkan dengan membaca salah satu surat pendek Al Quran

5.Rukuk

6.Itidal

7.Sujud pertama

8.Duduk di antara dua sujud

9.Sujud kedua

10.Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua

Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama

11.Salam pada rakaat kedua

12.Ulangi gerakan yang sama hingga tiga kali atau 8 rakaat

13.Istighfar dan dianjurkan membaca doa kamilin setelah selesai salat tarawih

14.Salat tarawih dapat dilanjutkan dengan salat witir sebanyak 3 rakaat. Salat ini boleh dikerjakan dengan 3 rakaat salam atau dua rakaat dan 1 rakaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini