Share

Bacaan Doa Sahur Puasa Ramadan Lengkap Keutamaannya yang Luar Biasa Besar

Hantoro, Jurnalis · Selasa 05 April 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 618 2573220 bacaan-doa-sahur-puasa-ramadan-lengkap-keutamaannya-yang-luar-biasa-besar-6EHDycettY.jpg Ilustrasi doa sahur puasa Ramadan. (Foto: Freepik)
A A A

WAKTU sahur puasa Ramadan tidak hanya digunakan untuk menyantap makanan, tapi bisa juga untuk berdoa. Keutamaan doa sahur puasa Ramadan adalah adanya banyak keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dari Rumaysho, dalam hadis muttafaqun ‘alaih, riwayat Anas bin Malik, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

"Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan." (HR Bukhari Nomor 1923 dan Muslim 1095)

Baca juga: Apakah Suntik Vaksin Membatalkan Puasa Ramadan? 

Dalam kitab-kitab hadis, tidak ada doa khusus ketika makan sahur. Demikian juga dalam kitab-kitab fiqih terkemuka; misalnya Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, Fiqih Empat Madzhab; hanya dicantumkan doa berbuka namun tidak dicantumkan doa sahur.

Dengan demikian, doa sebelum makan sahur sama dengan doa sebelum makan, yakni:

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillah

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah."

Baca juga: Kisah Aktor Laga George Rudy Masuk Islam Gara-Gara Lihat Orang Wudhu 

Membaca basmalah ini berdasarkan hadis shahih:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: "Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca 'Bismilaahi awalahu wa aakhirahu'." (HR Tirmidzi dan Abu Dawud)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini