Share

Wajib Tahu! Ini Hukum Sholat Tarawih Berdasarkan Ijmak Para Ulama

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 330 2574055 wajib-tahu-ini-hukum-sholat-tarawih-berdasarkan-ijmak-para-ulama-Jd6cT6n3FN.jpg Ilustrasi hukum sholat tarawih. (Foto: Arif Julianto/Okezone)
A A A

HUKUM sholat tarawih adalah salah satu hal penting yang wajib diketahui setiap umat Islam. Para ulama sepakat bahwa hukum sholat tarawih adalah sunah. Imam An-Nawawi rahimahullah (w. 676H) yang merupakan ulama besar mazhab Syafii menyebutkan sebagai berikut: "Adapun hukum sholat tarawih adalah sunah berdasarkan ijmak para ulama."

Sholat tarawih dan witir disunahkan berjamaah di masjid atau mushola, sebab pahalanya akan lebih besar dibanding sendirian di rumah. Muhammad Ajib Lc dalam bukunya '33 Macam Jenis Sholat Sunnah' menjelaskan bahwa sholat tarawih adalah sholat sunah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadan.

Kata tarawih secara bahasa bentuk jamak dari tarwihah yang artinya istirahat. Dinamakan sholat tarawih sebab setiap selesai dua rakaat ada istirahatnya sejenak.

Kemudian setiap empat rakaat (dengan dua salam) disebut Tarwihah, dan semuanya disebut Tarawih. Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh Al Hafiz Ibnu Hajar al 'Asqallaaniy dalam kitab 'Fath al-Baari Syarah al-Bukhari' sebagai berikut:

سُمِّيَتِ الصَّلَاةُ فِي الْجَمَاعَةِ فِي لَيَالِي رَمَضَانَ التَّرَاوِيحَ لِأَنَّهُمْ أَوَّلَ مَا اجْتَمَعُوْا عَلَيْهَا كَانُوا يَسْتَرِيحُوْنَ بَيْنَ كُلِّ تَسْلِيمَتَيْنِ

"Shalat jamaah yang dilaksanakan pada setiap malam bulan Ramadan dinamai tarawih karena para sahabat pertama kali melaksanakannya, beristirahat pada setiap dua kali salam."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu para ulama berbeda pendapat dalam menentukan jumlah rakaat sholat tarawih. Ulama salaf empat mazhab hampir sepakat bahwa sholat tarawih itu 20 rakaat dan witir 3 rakaat.

Waktu pelaksanaan sholat tarawih dimulai setelah Sholat Isya, berakhir sampai terbit fajar. Bagi yang belum melaksanakan Sholat Isya, tidak diperkenankan melakukan sholat tarawih. Bahkan, sholat tarawih-nya bisa menjadi tidak sah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini