Share

Doa Buka Puasa Ramadan Sesuai Sunah Lengkap dengan Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 09 April 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 618 2575750 doa-buka-puasa-ramadan-sesuai-sunah-lengkap-dengan-keutamaannya-wmVizQ1KVg.jpg Ilustrasi membaca doa buka puasa Ramadan hari ini. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA buka puasa sesuai sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam hendaknya sudah dihafal dengan jelas oleh setiap Muslim. Tersimpan keutamaan sangat besar dari doa ini.

Dirangkum dari Muslim.or.id, dibaca ketika sudah terdengar kumandang azan magrib, doa pertama buka puasa Ramadan yang dibaca yakni Bismillah yang artinya "Dengan menyebut nama Allah".

Baca juga: Humor Abu Nawas: Tunjuk Titik Tengah Bumi Cuma Bermodal Tongkat, Raja pun Kalah! 

Doa kedua, seperti sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

"Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Tersimpan makna yang sangat baik di balik doa berbuka puasa tersebut. Semua Muslim diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Magrib berkumandang.

Baca juga: 7 Adab Buka Puasa Sesuai Sunah Nabi, Nomor 3 Cara Tepat Makan Kurma 

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

"Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam meminta kepada kaum Muslimin menyegerakan berbuka puasa. Dianjurkan juga bersegera berbuka puasa ketika matahari terbenam.

Hal ini berdasarkan riwayat dari Umar bin Khathab Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِذَا أقْبَلَ اللَّيْلُ مِن هَا هُنَا، وأَدْبَرَ النَّهَارُ مِن هَا هُنَا، وغَرَبَتِ الشَّمْسُ فقَدْ أفْطَرَ الصَّائِمُ

"Jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka." (HR Bukhari Nomor 1954, Muslim Nomor 1100)

Baca juga: Jadi Mualaf, Fitria Yusuf Putri Orang Terkaya Jusuf Hamka Sempat Unggah Foto Masa Kecil Peluk Alquran 

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

لا يزالُ النَّاسُ بخَيرٍ ما عجَّلوا الفِطرَ عجِّلوا الفطرَ

"Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Viral 99 Anak Dapat Hadiah Sepeda Usai 40 Hari Berturut-turut Sholat Subuh di Masjid 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini