Share

Ini Hukum Berenang saat Puasa, Wajib Tahu!

Hantoro, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 330 2581372 ini-hukum-berenang-saat-puasa-wajib-tahu-Kc3pyuoDcB.jpg Ilustrasi hukum berenang saat puasa. (Foto: Shutterstock)
A A A

HUKUM berenang saat puasa, apakah boleh-boleh saja atau terlarang? Ini wajib diketahui semua kaum Muslimin. Berikut penjelasan lengkapnya.

Dikutip dari Konsultasisyariah, Ustadz Ammi Nur Baits ST BA mengungkapkan tidak mengapa berenang saat puasa. Hal itu diperbolehkan saja.

Baca juga: Ini Penjelasan Ilmiah Bulan Ramadan Terjadi 2 Kali dalam Setahun pada 2030 

Ia menerangkan, pertanyaan semacam ini pernah disampaikan kepada Imam Ibnu Utsaimin rahimahullah. Beliau memberi jawaban:

لا بأس للصائم أن يسبح، وله أن يسبح كما يريد، وينغمس في الماء، ولكن يحرص على أن لا يتسرب الماء إلى جوفه بقدر ما يستطيع، وهذه السباحة تنشط الصائم وتعينه على الصوم، وما كان منشطاً على طاعة الله فإنه لا يمنع منه، فإنه مما يخفف العبادة على العباد وييسرها عليه.

"Tidak masalah orang yang berpuasa melakukan renang, dia boleh berenang sesuai yang dia inginkan, dan menenggelamkan badannya di air. Namun dia harus ekstra hati-hati jangan sampai ada air yang masuk ke perutnya, semampu yang dia lakukan. Berenang kadang membuat orang yang puasa lebih semangat dan membantu meringankannya untuk berpuasa. Dan setiap kegiatan yang membantu seseorang untuk semakin taat kepada Allah, hukumnya tidak terlarang. Karena kegiatan semacam ini meringankan beban ibadah bagi hamba dan memudahkannya untuk melakukan ibadah itu."

Baca juga: Humor Abu Nawas: Dikasih Jabatan Tinggi Malah Pura-Pura Gila, Alasannya Bikin Ngakak! 

Kemudian beliau menyebutkan dalil yang mendukung keterangan di atas:

وقد قال الله تبارك وتعالى في معرض آيات الصوم: يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ ، والنبي عليه الصلاة والسلام قال: “إن هذا الدين يسر، ولن يشاد الدين أحد إلا غلبه”، والله أعلم.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Allah berfirman ketika menjelaskan ayat-ayat tentang puasa:

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (QS Al Baqarah: 185)

Baca juga: Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Cukup Mudah Dihafal Lho! 

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

إن هذا الدين يسر، ولن يشاد الدين أحد إلا غلبه

"Sesungguhnya agama ini mudah. Tidak ada seorang pun yang mempersulit agama, kecuali dia akan terkalahkan (tidak mampu menjalankannya)."

Allahu a'lam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini