Share

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Cukup Mudah Dihafal Lho!

Hantoro, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 618 2581271 bacaan-doa-malam-lailatul-qadar-cukup-mudah-dihafal-lho-wkXgwdUBLZ.jpg Ilustrasi bacaan doa malam Lailatul Qadar. (Foto: Shutterstock)
A A A

BACAAN doa malam Lailatul Qadar bisa disimak di sini. Lengkap dengan tulisan Arab, latin, terjemahan bahasa Indonesia, hingga keutamaannya. Terdapat juga dalil-dalil sahih yang mendasarinya.

Diketahui bahwa kaum Muslimin sangat dianjurkan memperbanyak doa untuk meraih malam Lailatul Qadar. Ini terutama doa yang dianjurkan oleh suri teladan umat Islam yakni Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca juga: Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar, Dua Momen Spesial Selama Ramadan 

Disitat dari Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menerangkan bahwa hadis yang membicarakan doa malam Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya: "Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, 'Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja aku tahu bahwa suatu malam adalah malam lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?' Jawab Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam, 'Berdoalah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNII (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf —menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku —hapuslah dosa-dosaku)."

(HR Tirmidzi Nomor 3513 dan Ibnu Majah 3850. Abu ‘Isa At-Tirmidzi mengatakan hadis ini hasan sahih. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Baca juga: Bisakah Wanita Haid Mendapat Malam Lailatul Qadar? 

Adapun keutamaan lailatul qadar adalah malam yang penuh keberkahan atau bertambahnya kebaikan. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ , فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

"Sesungguhnya Kami menurunkannya (Alquran) pada suatu malam yang diberkahi. Dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah." (QS Ad Dukhan: 3–4)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Malam yang diberkahi dalam ayat tersebut adalah malam lailatul qadar sebagaimana ditafsirkan pada Surat Al Qadar. Allah Suhanahu wa ta'ala berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan." (QS Al Qadar: 1)

Keberkahan dan kemuliaan yang dimaksud disebutkan dalam ayat selanjutnya:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ , تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ , سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1.000 bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadar: 3–5)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini