Share

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap dengan Keutamaan, Teks Arab, Ejaan Latin, dan Terjemahannya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 614 2582600 bacaan-doa-malam-lailatul-qadar-lengkap-dengan-keutamaan-teks-arab-ejaan-latin-dan-terjemahannya-i6Xcx8imuE.jpg Ilustrasi membaca doa malam Lailatul Qadar. (Foto: Shutterstock)
A A A

BACAAN doa malam Lailatul Qadar lengkap dengan keutamaan, teks Arab, ejaan latin, dan terjemahannya bisa disimak di sini. Doa malam Lailatul Qadar dapat dilafazkan setiap Muslim yang ingin memanfaatkan 10 malam terakhir Ramadan.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda tentang keutamaan orang yang beribadah pada malam Lailatul Qadar:

Baca juga: Kisah Para Penyandang Tunanetra Gigih Belajar Baca dan Menulis Alquran di Bulan Ramadan 

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa melaksanakan sholat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari Nomor 1901)

Berikut ini Surat Al Qadar yang sangat penting dibaca pada 10 malam terakhir Ramadan:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadr: 1–5)

Baca juga: Humor Abu Nawas: Gampang Banget Cari Batas Jagat Raya, Caranya Bikin Geleng-Geleng! 

Sesuai dengan yang tercatat di dalam Alquran, Lailatul Qadar adalah "lebih baik dari seribu bulan" (97: 3). Segala bentuk amalan yang dapat umat Islam lakukan pada malam tersebut, seperti mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala, membaca Alquran, dan lainnya.

Ketika malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk mandi, yaitu dekat ke waktu matahari terbenam atau menjelang mandi kemudian wudhu. Pada malam ini juga disunahkan memperbanyak sedekah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian doa yang disarankan untuk dilakukan pada malam Lailatul Qadar ini adalah untuk meminta pengampunan dan berkat dari Sang Pencipta Allah Subhanahu wa ta'ala. Lalu melakukan sholat sunah sebanyak-banyaknya.

Suatu hari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya doa apa yang tepat untuk dipanjatkan malam tersebut. Rasulullah berkata, ia meminta kesehatan.

Baca juga: 5 Artis India yang Selalu Puasa Ramadan, Nomor 3 King of Bollywood 

Adapun doa malam Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Artinya: "Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, 'Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja aku tahu bahwa suatu malam adalah malam lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?' Jawab Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam, 'Berdoalah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNII (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf —menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku —hapuslah dosa-dosaku)."

(HR Tirmidzi Nomor 3513 dan Ibnu Majah 3850. Abu ‘Isa At-Tirmidzi mengatakan hadis ini hasan sahih. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini