Share

7 Artis Ini Jadi Mualaf Setelah Dengar Azan, Ada Pelawak Senior hingga Aktor Peraih Oscar

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 03:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 621 2583803 7-artis-ini-jadi-mualaf-setelah-dengar-azan-ada-pelawak-senior-hingga-aktor-peraih-oscar-iihVNyOs8i.jpg Pelawak senior Cahyono salah satu artis yang mantap menjadi mualaf usai mendengar azan. (Foto: Istimewa)
A A A

SEJUMLAH artis mantap menjadi mualaf. Ada yang meraih hidayah Islam tersebut melalui cara yang sama. Salah satunya, terketuk menjadi mualaf setelah mendengar lantunan azan sholat.

Siapa saja artis-artis yang memutuskan menjadi mualaf usai mendengar kumandang azan? Berikut ini lima di antaranya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Takjub dengan Adab Buang Air Kecil Kaum Muslimin, Bule Ini pun Mantap Masuk Islam 

1. Pelawak Cahyono

Cahyono, pelawak senior anggota Jayakarta Group, mendapat hidayah Islam setelah mendengar lantunan azan. Hal yang paling berkesan adalah saat rekan sejawatnya Jojon membimbing Cahyono menjadi mualaf usai mendengar azan magrib. Itu merupakan jasa Jojon yang tidak ternilai harganya bagi Cahyono.

"Dia yang ajari saya tentang Islam pada tahun 1991. Waktu saya show di Pekanbaru, Riau. Saat itu saya sekamar dengan dia. Saya diajarkan beragama sama dia. Mengajarkan saya mengaji. Karena dia pintar, dia anak pesantren," ungkap Cahyono sambil menitikan air mata ketika berada di Studio Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis 6 Maret 2014.

Kisah mualaf pelawak senior Cahyono. (Foto: MNC Media)

Baca juga: Kisah Anak Autis Memutuskan Jadi Mualaf, Sempat Dikatai Teroris oleh Orangtuanya 

2. Sultan Djorghi

Kisah mualaf Sultan Djorghi sangat menginspirasi banyak orang. Awalnya ia merasa tersentuh dengan alunan kumandang azan yang sangat merdu.

Dikutip dari tayangan kanal YouTube Jalur Bebas, saat duduk di bangku SMA, hati Sultan Djorghi merasa tersentuh jika mendengar suara azan. Ia merasa nyaman dan bisa tertidur lelap ketika mendengar azan. Padahal, dirinya sosok yang susah tidur.

Berangkat dari suara azan dan pengaruh menenangkan itulah Sultan Djorghi mulai penasaran dengan agama Islam. Ia berusaha mencari tahu dan mempelajari ajaran agama Islam.

Kisah mualaf Sultan Djorghi. (Foto: Instagram @djorghisultan)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Presenter Tio Nugroho

Perjalanan presenter Tio Nugroho menjadi seorang Muslim bermula pada Mei 2019 pagi usai mengisi sebuah program olahraga di TVRI. Ia tiba-tiba merinding saat mendengar kumandang azan subuh.

"Selama 42 tahun saya hidup, sering dengar suara azan. Lima kali sehari, tapi biasa saja. Tapi hari itu, saya merinding. Rasanya seperti disetrum," ujar Tio Nugroho dalam tayangan di kanal YouTube Jadi Gimana Network.

Suara azan tersebut membawa Tio Nugroho singgah ke sebuah masjid. Di sana, dia hanya duduk dan melihat orang-orang mengambil wudhu untuk bersiap Sholat Subuh berjamaah.

"Setelahnya, saya pulang dan tidur. Pas zuhur, saya mendengar azan seperti ada yang nyanyiin."

Setelah mempelajari Islam, pria yang terlahir dengan nama Immanuel Bagus Adityo Nugroho itu kemudian mantap mengucap syahadat di bawah bimbingan KH Ma'ruf Amin.

Tio Nugroho. (Foto: Instagram @t10nugroho)

Baca juga: Aktor Laga Willy Dozan Masuk Islam, Respons Positif Ibunya yang Non-Muslim Jadi Sorotan 

4. DJ Katty Butterfly

DJ Katty butterfly memiliki cerita unik di balik awal mula menemukan kebenaran ajaran agama Islam. Hatinya mulai tergerak mencari tahu tentang Islam saat sering mendengar suara azan.

"Dulu aku DJ kan, terus aku banyak masalah, aku juga sendiri di Indonesia. Setiap aku pulang setiap hari dengar suara azan. Terus aku seperti, kenapa ya aku ingin banget belajar (Islam), ada rasa di hati aku mau," ungkap DJ Katty dalam tayangan di kanal YouTube Atta Halilintar.

Perlahan dia mulai mencari tahu tentang Islam. DJ Katty bahkan sempat mencoba puasa meskipun kala itu belum menjadi mualaf.

Pada 29 Oktober 2020, tepat di hari ulang tahunnya ke-31, DJ Katty memantapkan hati memeluk Islam. Ia mengucapkan dua kalimat syahadat dituntun oleh pedakwah kondang Gus Miftah.

DJ Katty Butterfly. (Foto: Instagram)

5. Nathalie Holscher

Nathalie Holscher yang merupakan istri dari komedian Sule ini resmi menjadi mualaf pada 22 September 2020. Sebelum mendapat hidayah Islam, Nathalie mengaku merasa terpanggil dengan ajaran agama Islam ketika mendengar suara azan.

Mantan disk jockey (DJ) ini mengungkapkan keinginan menjadi mualaf berawal dari mendengar lantunan azan. Kumandang panggilan sholat itu terus terdengar secara berulang di telinga Nathalie Holscher.

"Pas mau tidur, enggak tahu mimpi atau apa, tiba-tiba di kuping ada suara azan yang bergema banget. Suara cowok yang bergema dari kecil sampai gede," ungkap Nathalie Holscher di kanal YouTube Sule Channel.

Usai kejadian tersebut, ia pun bertanya kepada sahabatnya mengenai kejadian itu. "Terus aku tanya-tanya sama orang, 'Oh itu dapat hidayah'," ucap Nathalie.

Setelah menceritakan pengalamannya mendapat hidayah Islam, Nathalie Holscher mantap menyatakan diri ingin masuk Islam tanpa paksaan. Keluarga pun sudah merestui keinginan tersebut.

Nathalie Holscher. (Foto: Instagram @nathalieholscher)

Baca juga: Gara-Gara Peran Pendekar Santri, Aktor Willy Dozan Mantap Jadi Mualaf 

6. Mahershala Ali

Aktor kenamaan Hollywood Mahershala Ali. Bintang film yang meraih Piala Oscar ini menangis saat mendengar suara azan.

Dikutip dari kanal YouTube Pena Hikmah, sebelum memutuskan menjadi mualaf, Mahershala Ali mengunjungi sebuah masjid di Philadelphia, Amerika Serikat. Kemudian ia mendengar khotbah dan doa yang dilantunkan oleh umat Islam. Tidak terasa, bintang film Marvells ini menitikkan air mata dan sangat tersentuh.

Usai mendengarkan azan dan doa-doa di masjid, perjalanan spiritualnya dimulai. Seminggu kemudian ia dan kekasihnya kembali ke masjid yang pernah dikunjungi.

Ternyata Mahershala Ali tidak hanya berkunjung. Saat itu juga ia memutuskan menjadi mualaf dan membaca dua kalimat syahadat di masjid tersebut.

Kisah mualaf Mahershala Ali aktor Hollywood peraih Piala Oscar. (Foto: YouTube Pena Hikmah)

7. Ujung Oppa

Artis yang merupakan YouTuber Korea Selatan ini sempat mencuri perhatian melalui sebuah pengakuannya terkait agama yang dipeluk. Ujung Oppa mengaku awalnya tidak percaya Tuhan hingga akhirnya menjadi mualaf justru setelah mengunjungi Indonesia. Bahkan selepas memeluk Islam, dia mengaku sangat mencintai lantunan azan.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Heboh Kisah Adik Mualaf Ikuti Kakaknya, Ditentang Sang Ayah hingga Mengurung Diri 

Ujung Oppa. (Foto: Instagram)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini