Share

Waspada! Studi Terbaru Ungkap Polusi Udara Tingkatkan Infeksi Covid-19

Kevi Laras, MNC Portal · Sabtu 23 April 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 612 2583883 waspada-studi-terbaru-ungkap-polusi-udara-tingkatkan-infeksi-covid-19-MQQvGqaDYd.png Ilustrasi polusi udara bisa sebabkan infeksi covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)
A A A

BERAGAM faktor membuat virus covid-19 dapat menginfeksi seseorang. Namun, sebuah studi terbaru menemukan polusi udara dapat meningkatkan risiko terinfeksi covid-19. Hal tersebut berdasarkan hasil studi yang diterbitkan di JAMA Network Open.

Dijelaskan, polusi udara adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan infeksi virus corona. Dilansir laman The Healthsite, para ahli menyalahkan industri yang berkembang dan sumber-sumber rumah tangga seperti lalu lintas jalan raya atas meningkatnya lalu lintas di sebuah negara.

Baca juga: Mudah Banget, Dokter Ungkap Tips Sehat Pasien Gangguan Saluran Kemih Selama Puasa Ramadan 

Studi terbaru mengatakan, "Paparan polutan udara dapat meningkatkan risiko virus SARS-CoV-2, virus yang berkuasa di dunia dan menyebabkan infeksi covid-19."

Lantas, apa kaitannya polusi udara dengan covid-19?

Ilustrasi waspada infeksi covid-19.

Studi tersebut menemukan hubungan antara risiko infeksi dan diameter partikel kurang dari 10 mikrometer (PM10) dan 2,5 mikrometer (PM2.5). Dalam dua hari sebelum tes positif dan paparan karbon hitam satu hari sebelumnya.

Baca juga: Moderna Segera Ajukan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 untuk Bayi 6 Bulan 

Namun, tidak ditemukan hubungan antara risiko infeksi dan nitrogen oksida. Untuk penelitian ini, para peneliti mempelajari data dari 425 orang yang terinfeksi virus corona antara Mei 2020 dan Maret 2021.

Hasilnya peningkatan risiko sebesar 7 persen dua kali lipat dari paparan partikel, sesuai dengan kisaran interkuartil, atau perbedaan antara kuartil pertama (25 persen) dan kuartil ketiga (75 persen) dari perkiraan konsentrasi partikel.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ahli epidemiologi UI mengungkapkan perlu adanya langkah pencegahan, sehingga meminimalisasi terjadinya perburukan hingga kematian akibat covid-19.

Baca juga: Puasa Lebih Bermanfaat untuk Tubuh dengan Berolahraga, Ini 3 Anjuran Dokter 

Pencegahan tersebut ada dua yaitu primer dan sekunder. Di mana kepatuhan protokol kesehatan, seperti 3M menjadi dasar atau sebagai langkah utama.

"Satu alternatifnya adalah pencegahan yaitu 3M tadi paling mendasar dengan pakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan itu primer," ujar ahli ppidemiolog UI Profesor Dr Pandu Riano dalam YouTube Kementerian Kesehatan, Jumat 22 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini