Share

Sebelum Sholat Idul Fitri Makan Dulu atau Tidak?

Hantoro, Jurnalis · Senin 02 Mei 2022 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 614 2588249 sebelum-sholat-idul-fitri-makan-dulu-atau-tidak-OqVQTHcR3c.jpg Ilustrasi sunah makan sebelum Sholat Idul Fitri. (Foto: Freepik)
A A A

SEBELUM Sholat Idul Fitri makan dulu atau tidak? Ternyata hal ini ditanyakan banyak orang. Berikut ini penjelasannya secara lengkap.

Dikutip dari Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menerangkan terkait makan sebelum Sholat Idul Fitri. Berdasarkan riwayat dari ‘Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ فَيَأْكُلَ مِنْ أُضْحِيَّتِهِ

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat sholat ‘ied pada hari Idul Fitri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari sholat ‘ied baru beliau menyantap hasil kurbannya." (HR Ahmad 5: 352. Syekh Syu’aib Al Arnauth mengatakan hadis ini hasan)

Baca juga: Ini Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Sesuai Sunah 

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa Silaturahmi Lebaran Menurut Ajaran Islam 

Dalam Sholat Idul Fitri disunahkan makan sebelum keluar rumah dikarenakan adanya larangan berpuasa pada hari tersebut. Ini sebagai pertanda pula bahwa hari tersebut tidak lagi berpuasa.

Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitab Al-Fath (2: 446) menyatakan bahwa diperintahkan makan sebelum Sholat Idul Fitri adalah supaya tidak disangka lagi ada tambahan puasa. Juga maksudnya adalah dalam rangka bersegera melakukan perintah Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ .. وَيَأْكُلُهُنَّ وِتْرًا

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah keluar pada hari Idul Fitri (ke tempat sholat, pen) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil." (HR Bukhari nomor 953)

Kalau tidak mendapati kurma, boleh makan makanan halal lainnya. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini