Share

Bacaan Surat dalam Sholat Witir

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 08 Mei 2022 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 07 616 2590473 bacaan-surat-dalam-sholat-witir-Gc9gL7WOGz.jpg Ilustrasi bacaan surat dalam sholat witir. (Foto: Daarul Quran)
A A A

DI Indonesia, pada bulan suci Ramadan, sholat witir biasanya dilaksanakan secara berjamaah setelah pelaksanaan sholat tarawih. Ada yang melaksanakannya sebanyak 1 rakaat saja. Ada juga yang melaksanakan sholat witir sebanyak 3 rakaat.

Keduanya sah saja karena dalam ajaran agama Islam, sholat witir bisa dilaksanakan minimal 1 rakaat dan maksimal 11 rakaat. Namun, bilangan sholat witir mesti ganjil: 1, 3, 5, 7, 9, dan 11.

Dalil Sholat Witir

Sholat Witir menjadi salah satu ibadah yang amat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Sebagian besar ulama sepakat bahwa sholat witir hukumnya sunnah muakkad (sunah yang amat dianjurkan).

Dalil mengenai sholat witir, salah satunya, terdapat dalam kitab Shahih Muslim. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Kekasihku, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha dua rakaat, dan sholat witir sebelum tidur."

Ada juga hadis lain yang berbicara mengenai sholat witir. Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Umar. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Jadikan sholatmu yang paling akhir di waktu malam berupa sholat witir."

Ilustrasi bacaan surat dalam sholat witir. (Foto: Daarul Quran)

Anjuran Surat yang Dibaca dalam Sholat Witir

Pada dasarnya membaca surat apa saja dalam sholat witir diperbolehkan. Umat Islam dipersilakan untuk membaca surat apa saja dalam Alquran yang dianggap mudah baginya. Namun dalam sholat witir, ada anjuran bacaan surat Alquran yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Dalam beberapa kitab induk hadis, ‘Aisyah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad membaca surat tertentu dalam sholat witir. ‘Aisyah berkata yang artinya:

"Bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam itu membaca Sabbihisma rabbika al-A’la di rakaat pertama, Al Kafirun di rakaat kedua, dan Al Ikhlash serta Al Falaq dan An-Nas di rakaat ketiga.”

Selain itu, ada juga hadis yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam hanya membaca Surat Al Ikhlas pada rakaat ketiga, tanpa membaca Al Falaq dan An-Nas.

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam itu melakukan (sholat) witir dengan membaca Al A’la (di rakaat pertama), Al Kafirun (di rakaat kedua), dan Al Ikhlash (di rakaat ketiga).”

Namun di Indonesia biasanya memakai hadis pertama yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah. Meski begitu, bukahlah masalah besar jika ada orang yang hanya membaca al-Ikhlas saja, atau bahkan membaca surah lain yang ia kehendaki.

Dalam Islam, perbedaan pendapat adalah suatu hal yang lumrah. Umat Islam bisa memilih pendapat yang sekiranya kuat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Niat Sholat Witir

Dalam Islam, niat adalah satu hal penting dalam setiap perbuatan. Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengatakan bahwa ganjaran bagi seorang muslim tergantung dari niatnya. Maka dari itu, apa pun amalannya, umat Islam mesti melafalkan niat. Adapun niat salat Witir sebagai berikut:

1. Niat salat Witir satu rakaat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat salat sunah Witir satu rakaat karena Allah.”

2. Niat salat Witir dua rakaat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat salat sunah Witir dua rakaat karena Allah.”

3. Lafal niat shalat witir tiga rakaat sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat salat sunah Witir tiga rakaat karena”

Demikian pembahasan mengenai bacaan surah dalam salat Witir. Pada bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadahnya, salat satunya dengan melaksanakan ibadah salat Witir, yang biasanya dilakukan setelah salat Tarawih.

Wallahu a’lam.

Oleh: KH Ahmad Kosasih M.Ag.

Pimpinan Dewan Syariah Daarul Qur’an

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini