Share

Pahami Isi Surah Al Baqarah Ayat 42, Mengungkap Kebenaran yang Belum Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 614 2591763 pahami-isi-surah-al-baqarah-ayat-42-mengungkap-kebenaran-yang-belum-diketahui-QraDLBKEUV.jpg Ilustrasi memahami isi Alquran Surat Al Baqarah Ayat 42. (Foto: Darwisalwan/Pixabay)
A A A

SURAT Al Baqarah Ayat 42 termasuk salah satu ayat yang menjelaskan tentang kebenaran. Al Baqarah merupakan surat yang di dalamnya memuat seribu perintah, seribu larangan, dan seribu kebaikan. Ini sebagaimana yang dijelaskan Imam Al Qurthubi dalam tafsirnya maupun para mufassir lainnya.

Setiap ayat Surat Al Baqarah memiliki isi kandungan yang berbeda-beda. Mulai dari tiga golongan manusia dalam menghadapi Alquran hingga cara menggunakan harta dan hukumnya.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 42 surah Al Baqarah? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

وَلَا تَلْبِسُوا۟ ٱلْحَقَّ بِٱلْبَٰطِلِ وَتَكْتُمُوا۟ ٱلْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Arab-Latin:

Wa lā talbisul-ḥaqqa bil-bāṭili wa taktumul-ḥaqqa wa antum ta'lamụn

Artinya:

Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang haq itu, sedang kamu mengetahui.

Pada ayat ini, Allah memberikan larangan kepada bani israil untuk tidak mencampuradukkan antara kebenaran dan kebatilan. “Dan janganlah kamu, wahai bani israil, campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dengan memasukkan apa yang bukan firman Allah ke dalam kitab taurat, dan janganlah kamu sembunyikan kebenaran firman-firman Allah seperti berita akan datangnya nabi Muhammad, sedangkan kamu mengetahuinya,” penjelasan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam tafsir tersebut menjelaskan juga bahwa orang-orang Yahudi menyembunyikan berita tentang kedatangan nabi Muhammad yang termaktub di dalam taurat dengan maksud untuk menghalangi manusia beriman kepadanya. Setelah mengajak bani israil untuk memeluk islam dan meninggalkan kesesatan, perintah utama yang disampaikan kepada mereka setelah larangan di atas adalah perintah untuk melaksanakan shalat.

“Dan laksanakanlah shalat untuk memohon petunjuk dan pertolongan Allah, tunaikanlah zakat untuk mensucikan hatimu dan menyatakan syukur kepada-Nya atas segala nikmat-Nya, dan rukuklah beserta orang yang rukuk, yakni kaum muslim yang beriman dan mengikuti ajaran nabi Muhammad,” terang tafsir Kemenag RI.

Penambahan perintah untuk rukuk tersebut diketahui setelah ada perintah untuk melaksanakan sholat itu mengisyaratkan ajakan agar mereka memeluk islam dan melaksanakan sholat seperti sholatnya umat islam. Dalam tata cara shalat orang yahudi tidak dikenal gerakan rukuk.

Demikianlah isi kandungan Surat Al Baqarah Ayat 42. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini