Share

Sejarah Penamaan Bulan Syawal, Terkait Hewan Unta hingga Perang Uhud

Syifa Fauziah, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 614 2592106 sejarah-penamaan-bulan-syawal-terkait-hewan-unta-hingga-perang-uhud-gwBe2Hc7O0.jpg Ilustrasi sejarah penamaan bulan Syawal. (Foto: Shutterstock)
A A A

SEJARAH penamaan bulan Syawal sangat menarik diketahui kaum Muslimin. Diketahui bahwa Syawal merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan kalender hijriah. Selain bulan Ramadan, Syawal memiliki keutaman dan keistimewaan tersendiri.

Lantas, bagaimana sejarah penamaan bulan Syawal?

Baca juga: Kapan Batas Akhir Puasa Syawal 2022? 

Menurut Ibnul ‘Allan Asy Syafii, bulan Syawal diambil dari kalimat Sya-lat al Ibil yang memiliki arti "Seekor unta yang mengangkat atau menegakkan ekornya".

"Dahulu orang-orang Arab menggantungkan alat-alat perang mereka, disebabkan sudah dekat dengan bulan-bulan haram, yaitu bulan larangan untuk berperang," demikian menurut Dalil al Falihin li Syarh Riyadh al Shalihin karya Muhammad bin ‘Allan al Shiddiqi al Syafii al Maki.

Ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyebarkan agama Islam, status bulan Syawal berubah. Adanya bulan Syawal ini memengaruhi keberhasilan perkembangan agama Islam dalam Perang Uhud yang berlangsung pada 15 Syawal 3 Hijriah atau Ahad 31 Maret 625 Masehi.

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Sholat Dhuha di Bulan Syawal 

Sementara itu, dilansir dari Elbalad, sejarah penamaan bulan Syawal terjadi berdasarkan kamus Lisanul Arab karya Ibnu Mandzur.

"Penyebutan bulan Syawal berkaitan dengan susu yang dihasilkan oleh hewan yang khas di wilayah Arab yakni unta," tulis keterangan dalam situs tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Penamaan bulan Syawal terjadi ketika unta betina melilitkan dan menaikkan ekornya. Hal itu sebagai tanda bahwa unta betina tersebut minta dibuahi dengan si jantan.

Setelah dilakukan pemeliharaan, unta betina tersebut menghasilkan susu. Namun, susu yang dihasilkan saat musim panas itu menyebabkan terjadinya penguapan, sehingga air susu unta tersebut menjadi berkurang.

Allahu a'lam bishawab.

Baca juga: 20 Nama Bayi Laki-Laki yang Lahir Bulan Syawal Beserta Artinya 

Baca juga: 20 Nama Bayi Perempuan yang Lahir Bulan Syawal, Miliki Arti Kemenangan hingga Paling Suci 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini