Share

Masya Allah! Suami Istri Ini Daftar Haji Pakai Uang Receh Hasil Jualan Siomai

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 614 2592197 masya-allah-suami-istri-ini-daftar-haji-pakai-uang-receh-hasil-jualan-siomai-KcBBI63O90.jpeg Heboh suami istri daftar haji pakai uang receh hasil jualan siomai. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

INILAH kisah suami istri calon jamaah haji asal Aceh Timur bernama Nurkhalis dan Siti Maftuhah. Pada Selasa 10 Mei 2022, keduanya ditemani anak semata wayangnya Tgk Ali Mamuti mendatangi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur.

Suasana di sana mendadak heboh. Pasalnya, Nurkhalis dan Maftuhah datang dengan membawa banyak sekali uang receh logam serta uang kertas pecahan seribuan serta dua ribuan. Mereka berniat mendaftar haji. Sontak, kehadirannya di Kawasan Idi Rayek menjadi perhatian banyak orang.

Baca juga: Catat! Ini Tanggal Konfirmasi Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia 2022 

Heboh suami istri daftar haji pakai uang receh hasil jualan siomai. (Foto: Kemenag.go.id)

Sebelumnya peristiwa serupa terjadi pada 24 Agustus 2020. Saat itu Nurkhalis datang mendaftarkan haji untuk istrinya dengan membawa recehan uang logam. Nurkhalis dan keluarganya tinggal di Kampung Akoja Kecamatan Alue Ie Mirah. Kawasan tersebut relatif jauh dari ibu kota Aceh Timur.

Ditemui di ruang seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nurkhalis cerita bahwa dirinya sudah menyelengi uang untuk berhaji sejak 24 Agustus 2020, setelah mendaftarkan haji untuk istrinya. Uang receh itu dikumpulkan dari hasil penjualan siomai, rata-rata pecahan Rp1.000.

Baca juga: Umrah Dibuka, Lebih dari 1,5 Juta Jamaah Mengunjungi Masjid Nabawi 

Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur Salman mengapresiasi usaha Siti Maftuhah dan Nurkhalis. Salman berharap kesungguhan pasangan suami istri ini bisa menyemangati warga dan kaum muda untuk menabung dan mendaftar haji.

Setelah menyelesaikan proses administrasi, Siti Maftuhah menyerahkan uang kepada petugas Bank Penerima Setoran (BPS). Bersamaan itu diterbitkan Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH). Ikut menyaksikan Kasi PHU Kemenag Aceh Timur Muzakir bersama staf.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Muzakir yang pernah menjadi Petugas Kloter mengapresiasi inisiatif Nurkhalis dan istri. Dia berharap semangat keduanya untuk menabung serta mendaftar haji bisa menjadi inspirasi bagi warga lainnya, terutama generasi muda.

Baca juga: Bolehkah Mengerjakan Sholat Dhuha secara Berjamaah? 

"Ini merupakan sejarah yang tak terlupakan dari keluarga Bapak Nurkhalis dan Ibu Maftuhah, ada calon jamaah Embarkasi Haji Aceh (BTJ) yang mendaftar haji menggunakan uang receh," imbuhnya, seperti dikutip dari kemenag.go.id, Rabu (11/5/2022).

"Meski harus menunggu antrean 32 tahun di Aceh, diharapkan Bapak Nurkhalis dan istri diberi kesehatan sehingga dapat menunaikan ibadah haji nantinya," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini