Share

6 Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia, Seberapa Unik?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 15 Mei 2022 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 65 2592508 6-kampus-dengan-arsitektur-terunik-di-dunia-seberapa-unik-24U4kmfKca.jpg The Hive, Nanyang Technological University Singapore. (Foto: Archdaily)

JAKARTA - Bangunan dengan arsitektur unik bukan pemandangan yang sering dijumpai. Bentuk-bentuk tidak biasa yang diciptakan dari ide brilian seorang arsitek tentu membuat kita terkagum. Nilai estetikanya tidak dapat terhitung.

Sentuhan unik itu juga terdapat di kampus-kampus tempat menimba ilmu. Bukan hanya mahasiswa kampus itu sendiri saja, namun masyarakat sekitar bahkan turis juga terpikat dengan bangunan-bangunan berikut ini.

Berikut adalah daftarnya, mengutip dari laman Times High Education.


• The Hive, Nanyang Technological University Singapore

Salah satu universitas terbaik Singapura, Nanyang Technological University, memiliki satu bangunan unik yang terinspirasi dari sarang lebah, tapi beberapa orang juga menyebutnya mirip dengan keranjang dimsum.

Gedung hasil rancangan Thomas Heatherwick dibuat untuk menerapkan sistem metode pembelajaran kelas terbaik, di mana mahasiswa belajar secara daring, lalu datang ke kampus untuk melakukan diskusi mengenai mata kuliah terkait.

• The Diamond, Bangkok University Thailand

Bangunan ini terinspirasi dari berlian. Fungsinya sebagai gerbang masuk kampus dan menjadi ciri khas tersendiri bagi Universitas Bangkok. Di dalam gedung tersedia ruang belajar, ruang kelas, studio, hingga inkubasi perangkat lunak.

• UTS Business School, University of Technology Sydney, Australia

Pernah melihat kertas cokelat yang tergencet? Mungkin kamu bisa melihatnya dalam bentuk yang lebih megah dan indah dengan berkunjung ke UTS Business School, yang masih satu naungan dengan Universitas Teknologi Sydney. Manifestasi ide jenius dari arsitektur Frank Gehry ini mulai dibuka pada tahun 2015.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

• Weissman Art Museum, University of Minnesota, Amerika Serikat

Mahakarya lainnya dari Frank Gehry juga ada di Amerika, tepatnya berbentuk Museum Seni Weissman milik Universitas Minnesota. Bangunan tersebut dirancang memiliki dua wajah; satu sisi merupakan fasad bata yang menyatu dengan bangunan di sekitar museum sepanjang Northrop Mall, satu sisi lainnya dilapisi lembaran baja dengan desain melengkung dan bersudut.

• The La Trobe Institute for Molecular Science, La Trobe University, Australia

Sama seperti namanya, gedung ini terinspirasi dari struktur-struktur molekul, memiliki jendela yang menyerupai ikatan kimia atom, dan bangunannya mirip seperti kromoson X dan Y. Institut Ilmu Molekular La Trobe pertama kali dibuka pada tahun 2013.

• Sharp Centre for Design, Ontario College of Art & Design University, Kanada

Ontario College of Art & Design University (OCAD) punya satu bangunan unik yang berdiri di atas gedung utama kampus. Bangunan tersebut berbentuk kotak, yang sentuhan piksel hitam putih, ditumpu dengan pilar warna-warni setinggi 26 meter. Struktur bangunannya mengasimilasi dua lantai studi dan ruang kelas dengan lift dan tangga. Arsitektur bangunan unik ini merupakan ide dari William Alsop dan dirampungkan pada tahun 2004.

Dilansir dari berbagai sumber:

Alifia Nur Faiza/Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini