Share

9 Jenis Wayang di Indonesia Menurut Bahan Pembuatannya, Apa Saja?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 406 2594084 9-jenis-wayang-di-indonesia-menurut-bahan-pembuatannya-apa-saja-0zz9AtUFQH.jpg Wayang (balitourismboard)

ADA 9 jenis wayang di Indonesia menurut bahan pembuatnya harus anda ketahui. Selama ini. Wayang yang paling populer adalah Wayang yang terbuat dari kulit binatang saja. Padahal ada banyak jenisnya.

Wayang merupakan salah satu kesenian tradisional di Indonesia yang sudah di akui oleh UNESCO sejak 7 November 2003 lalu. Berdasarkan Prasasti Balitung yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno, Wayang sudah ada sejak abad ke-4 Masehi.

Kini Wayang telah menjadi seni prestisius, identitas, dan warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dijaga kelestariannya.

 BACA JUGA: Kenapa Wayang Sering Dianggap Sebagai Budaya Malaysia? Ini Asal- usul dan Faktanya

Bagi yang belum tahu, ternyata ada berbagai jenis bahan pembuatan Wayang, loh. Nah berikut adalah informasi mengenai 9 Jenis Wayang di Indonesia Menurut Bahan Pembuatannya.

9 Jenis Wayang di Indonesia Menurut Bahan Pembuatannya

1. Wayang Kulit

Jenis yang satu ini adalah yang paling populer. Wayang kulit terbuat dari kulit kerbau dan tangkai penggeraknya terbuat dari tanduk kerbau. Pertunjukan Wayang Kulit sering kita jumpai di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

 Ilustrasi

2. Wayang Suket

Suket adalah bahasa Jawa yang artinya rumput. Wayang suket berarti Wayang yang terbaut dari helaian rumput yang dikumpulkan, disusun, dan dililit menjadi bentuk tokoh pewayangan.

Biasanya Wayang Suket digunakan sebagai media penyampaian cerita kepada anak-anak.

3. Wayang Golek

Golek berarti boneka. Jadi Wayang Golek adalah wayang yang dibuat atau diukir dengan bentuk 3D, seperti boneka. Bahan bakunya adalah kayu.

 BACA JUGA: 5 Budaya Indonesia yang Mendunia, Wayang Kulit hingga Tari Saman

4. Wayang Motekar

Wayang yang satu ini terbuat dari bahan plastik yang diberi warna dengan cara yang cukup modern.

 

5. Wayang Beber

Wayang Beber terbuat dari kertas atau kain yang menggambarkan sebuah adegan di dalam cerita pewayangan itu sendiri.

6. Wayang Pring

Pring atau bambu adalah bahan dasar dari wayang yang satu ini. Wayang jenis ini muncul dan berkembang pada abad ke-21 Masehi di daerah Jepara dan sekitarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

7. Wayang Potehi

Potehi merupakan bahasa China yang berarti Boneka Kantong kain. Jenis wayang ini sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu dalam kebudayaan masyarakat Tiongkok.

8. Wayang Klithik

Wayang Klithik seperti Wayang Kulit. Namun terbuat dari kayu dan ukurannya lebih kecil. Wayang ini sudah ada sejak abad ke -17.

 Ilustrasi

9. Wayang Wong

Wong dalam Bahasa Jawa berarti manusia. Wayang Wong adalah wayang manusia di mana manusia memerankan tokoh pewayangan dengan baju dan dandanan yang menyerupai tokoh tersebut.

Nah, itulah 9 jenis wayang di Indonesia menurut bahan pembuatannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini