Share

10 Negara Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Laut, Indonesia Termasuk Lho

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 408 2594042 10-negara-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-di-laut-indonesia-termasuk-lho-NxSEzvuyNz.jpg Sampah plastik di laut (Okezone)

ADA 10 negara penyumbang sampah plastik terbesar di laut ini memiliki peran yang besar dalam kerusakan lingkungan. Plastik adalah limbah yang sulit terurai baik di laut maupun di daratan.

Maka dari itu, pembahasan mengenai limbah sampah plastik masih menjadi perbincangan hangat di banyak negara, termasuk Indonesia. Limbah plastik yang sengaja atau tidak sengaja dibuang ke lautan akan menghancurkan keanekaragamanan hayati dan juga kehidupan laut lainnya.

Lantas, mana sajakan 10 negara penyumbang sampah plastik terbesar di laut? dan di nomor berapakah Indonesia? Simak informasinya berikut ini.

 BACA JUGA: Kemenparekraf Perkuat Sinergi Wujudkan Pariwisata Berkualitas di Biak Numfor Papua 

10 Negara Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Laut

Berikut adalah daftarnya:

10. Inggris – 703 ribu kg plastik

9. Jepang – 1,8 juta kg plastik

8. Amerika Serikat – 2,4 juta kg plastik

 

7. Mesir – 2,5 juta kg plastik

6. Meksiko – 3,5 juta kg plastik

5. Thailand – 22,8 juta kg plastik

 BACA JUGA:Delegasi G20 Sepakat Hadirkan Iklim Pariwisata Berkelanjutan dan Pembiayaan Internasional

4. Brasil – 38 juta kg plastik

3. Indonesia – 56,3 juta kg plastik

2. China – 70,7 juta kg plastik

1. India – 126,5 juta kg plastik

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mengutip dari Euro News, pada tahun 2020 lalu, negara India menjadi negara yang menyumbang sampah plastik terbesar di lautan. Diperkiraan ada sekitar 126,6 juta kg sampah pertahun yang berakhir di lautan. Jumlah tersebut setara dengan 250 ribu lumba-lumba hidung botol.

Meski demikian, India bukan satu-satunya negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Negara Amerika diperkirakan mengahsilkan sampah plastik dua kali lipat dari India, yaitu sekitar 42 miliar kg. Namun, hanya 2,4 juta kg saja yang pada akhirnya berakhir di lautan.

 Ilustrasi

Sayangnya, Indonesia yang merupakan negara agraris ini menempati urutan ke tiga pada daftar tersebut. Ada sebanyak 565,3 juta kg sampah plastik yang berakhir di lautan.

Demikian informasi mengenai 10 negara penyumbang sampah plastik terbesar di laut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini