Share

5 Negara yang Diprediksi Mengalami Penurunan Populasi, Nomor Terakhir Lagi Digempur Rusia

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 408 2594145 5-negara-yang-diprediksi-mengalami-penurunan-populasi-nomor-terakhir-lagi-digempur-rusia-zVuNaq5Y0n.jpg 5 negara yang diprediksi mengalami penurunan populasi (Foto Reuters)

JIKA sebagian negara menemui masalah terkait membludaknya jumlah penduduk, ada beberapa yang justru sebaliknya. Negara-negara tersebut diprediksi mengalami penurunan populasi.

Angka kelahiran tak meningkat, penolakan pernikahan, hingga migrasi menjadi alasan dibalik penurunan populasi di berbagai negara.

 BACA JUGA: 10 Negara Tujuan Utama Ekspor Pakaian Jadi Indonesia, Amerika hingga China

Lantas negara apa saja kah yang dimaksud? Berikut 5 negara yang diprediksi mengalami penurunan populasi.

1. Korea Selatan

Negara Korea Selatan diprediksi akan mengalami penurunan populasi dengan jumlah cukup tajam. Skenario terburuk dari pemerintahan setempat memperkirakan Korea Selatan akan tersisa 12 juta penduduk pada tahun 2120.

Hal ini mengacu pada turunnya jumlah penduduk belum lama ini. Populasi di Korea Selatan mencapai 52 juta, namun turun sekitar 0.18 persen sejak akhir 2021.

2. Belarusia

Selama rentang tahun 2019 hingga 2020, populasi di Belarusia diketahui menurun. Negara yang terletak di kawasan Eropa Timur ini diprediksi mengalami penurunan populasi hingga menyisakan 7,45 juta penduduk di tahun 2099.

 BACA JUGA: 5 Negara yang Paling Sering Menang Thomas Cup, Indonesia Tiada Lawan

3. Jepang

Salah satu hal yang dapat membuat Jepang diprediksi akan mengalami penurunan populasi adalah penolakan terhadap pernikahan. Menurut CNN Edition, pendaftaran pernikahan di Jepang sudah mengalami penurunan sekitar 12,3 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Taiwan

Penurunan populasi di negara Taiwan terjadi lantaran maraknya penduduk yang melakukan migrasi. Sekitar lebih dair 183 ribu masyarakat Taiwan memililih migrasi ke luar negeri.

Sementara warga luar Taiwan yang datang ke negara tersebut hanya mencapai 16.733 saja. Tercatat, sejak 2019 hingga akhir tahun 2020 populasi di negara asal aktor Jerry Yan menurun sampai 0.18 persen.

 Ilustrasi

5. Ukraina

Ukraina yang kini sedang diinvasi oleh Rusia diprediksi akan terus mengalami penurunan populasi jika kondisi masih tak berubah. Adapun faktor turunnya jumlah penduduk dikarenakan rendahnya angka kelahiran.

Ada pula faktor ekonomi yang pada akhirnya menyebabkan depresi finansial bagi sebagian orang.

Menurut Onserwator Finansowy, data menunjukan populasi Ukraina menyentuh angka 41.9 juta penduduk. Jumlah ini dianggap tak sesuai pada kenyataan sebenarnya Ukraina hanya memiliki penduduk sebanyak 37,2 juta. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini