Share

Daftar Proyek yang Wajib Selesai Sebelum Jabatan Jokowi Berakhir, Apa Saja?

Tim Okezone , Okezone · Minggu 15 Mei 2022 03:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 470 2594312 daftar-proyek-yang-wajib-selesai-sebelum-jabatan-jokowi-berakhir-apa-saja-qsf0LykHDj.jpeg Pembangunan infrastruktur yang harus selesai (Foto: Shutterstock)
A A A

 JAKARTA - Daftar proyek infrastruktur ini harus selesai sebelum masa jabatan Presiden Jokowi berakhir. Presiden Jokowi menginstruksikan agar proyek yang diatur dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2021 segera dituntaskan pada 2024. Adapun proyek tersebut dari jalan, kawasan hingga pipa gas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Airlangga Hartarto melakukan rapat koordinasi bersama para menteri dan pimpinan lembaga dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Airlangga pun mendorong percepatan dalam pembangunan ekonomi kawasan di Jawa Barat.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, proyek-proyek dalam Perpres tersebut harus dapat diselesaikan konstruksinya paling lambat pada tahun 2024 atau telah memenuhi financial closing untuk proyek dengan skema KPBU. Selain itu, perlu ada kepastian bahwa ketersediaan lahan dan proses perizinan akan dapat diselesaikan sebelum tahun 2024.” jelas Menko Airlangga.

Berikut daftar Proyek di Jawa Barat yang Harus Dibangun:

- Jalan Tol Cipali-Patimban

Tol ini dibangun untuk memudahkan akses logistik Pelabuhan Patimban dan mendukung Kawasan Rebana sebagai salah satu pengungkit perekonomian masyarakat Jawa Barat bagian Utara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

- Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap

Tol ini salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia, yang diharapkan meningkatkan aksesibilitas dan mengurai kemacetan jalur selatan Jawa serta upaya percepatan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Jawa Barat Bagian Selatan.

Pembangunan diarahkan untuk mempercepat penyelesaian konstruksi terutama pada ruas Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya pada tahun 2024.

- Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) Legok Nangka

Pengembangan PSEL ini sebagai salah satu upaya percepatan mencapai Net Zero Emission. Kementerian Keuangan ditugaskan untuk segera memutuskan besaran fasilitas VGF dan Gubernur Jawa Barat diarahkan untuk mempercepat proses transaksi sehingga proyek tersebut dapat selesai pada 2024.

- Jalan Tol Cibitung-Cilincing

Pembangunan jalan tol ini untuk memudahkan akses logistik dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok, serta diharapkan menurunkan Biaya logistik Nasional.

Baca Selengkapnya: 4 Fakta Proyek Infrastruktur Harus Rampung Sebelum Masa Jabatan Jokowi Berakhir

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini