Share
Advertisement

Ilmuwan Jelaskan Air Membentuk Sel Kehidupan Bumi Seperti Tercantum dalam Alquran

Ahmad Muhajir , Jurnalis-Minggu 15 Mei 2022 06:01 WIB
Ilmuwan jelaskan air membentuk sel kehidupan Bumi seperti tercantum dalam Alquran (Foto: Unsplash/Kazuend)
Ilmuwan jelaskan air membentuk sel kehidupan Bumi seperti tercantum dalam Alquran (Foto: Unsplash/Kazuend)
A
A
A

JAKARTA - Air merupakan senyawa yang sangat penting untuk semua makhluk hidup di Bumi. Keberadaannya sendiri, menutupi hampir 71 persen permukaan planet ini.

Rumus kimia dari air adalah H2O yang setiap molekulnya mengandung 1 oksigen dan 2 atom hidrogen yang dihubungkan oleh ikatan kovalen.

Manfaat air bagi makhluk hidup sangat besar. Setiap makhluk hidup memerlukan air untuk perkembangannya.

Sebagaimana dijelaskan dalam buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, air memiliki peran penting dalam proses pembentukan sel yang merupakan satuan organisme terkecil makhluk hidup.

Kemajuan perkembangan ilmu sains modern saat ini menyebutkan bahwa dasar sebuah sel atau sitoplasma, 80 persen terdiri dari air.

Peneliti modern mengungkapkan 50–90 persen dari tubuh organisme terdiri dari air. Sebab di dalam tubuh tidak akan terjadi reaksi kimiawi jika tanpa air.

Air juga memiliki peran utama bagi organ-organ tubuh agar bekerja sesuai fungsinya. Ini hanya beberapa contoh dari banyak fakta mengenai fungsi air yang sangat vital bagi kehidupan.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement