Share

Besok Puasa Senin Kamis, Syawal, Ayyamul Bidh Sekaligus! Ini Keutamaan Besarnya

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 330 2594479 besok-puasa-senin-kamis-syawal-ayyamul-bidh-sekaligus-ini-keutamaan-besarnya-pyVnCEM0wc.jpg Ilustrasi puasa Senin Kamis, Syawal, Ayyamul Bidh. (Foto: Freepik)
A A A

BESOK adalah momen emas di bulan Syawal karena ada tiga ibadah berpahala besar yang bisa digabungkan yakni puasa Syawal, puasa Senin Kamis, dan puasa Ayyamul Bidh. Tidak terbayangkan betapa luar biasa keutamaan yang dapat diraih dari menjalankan amalan salih ini.

Diketahui puasa Ayyamul bidh atau puasa pertengahan bulan setiap tanggal 13, 14, 15 Hijriah bertepatan dengan tanggal 14, 15, 16 Mei 2022 Masehi. Ini masih termasuk bulan Syawal yang masih dalam rentang waktu puasa Syawal. Kemudian tanggal 16 Mei adalah hari Senin yang juga bisa diisi puasa Senin Kamis.

Baca juga: Puasa Syawal tapi Masih Utang Puasa Ramadan, Ini Hukumnya Menurut Syariat 

Ilustrasi sahur puasa. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Puasa Syawal 2022 Belum Berakhir, Ini Keutamaan dan Tata Caranya 

Dikutip dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan keutamaan puasa Syawal disebutkan dalam hadis Abu Ayyub Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim Nomor 1164)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian keutamaan puasa Ayyamul Bidh disebutkan dalam hadis berikut. Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata:

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan kepada kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidh yaitu 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriah)." Dan beliau bersabda, "Puasa Ayyamul Bidh itu seperti puasa setahun." (HR Abu Dawud Nomor 2449; An-Nasa'i 2434. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini shahih)

Baca juga: Hukum Menggabungkan Puasa Ayyamul Bidh dengan Puasa Syawal 

Baca juga: Apakah Boleh Puasa Syawal pada Hari Jumat? 

"Kalau seseorang melakukan puasa Syawal yang tiga harinya satu niat dengan puasa Ayyamul Bidh, masih dibolehkan, dan diharapkan dia bisa mendapatkan pahala puasa Syawal dan puasa Ayyamul Bidh sekaligus," jelasnya.

Demikian jawaban dari Syekh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah ketika ditanya oleh Syekh Muhammad Shalih Al Munajjid hafizhahullah ta'ala.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini