Share

Jelang Waisak 2022, PUPR Siapkan Hunian untuk Wisatawan di Borobudur

Suparjo Ramalan , iNews · Minggu 15 Mei 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 470 2594504 jelang-waisak-2022-pupr-siapkan-hunian-untuk-wisatawan-di-borobudur-PYJccFkF2E.JPG PUPR siapkan hunian untuk wisawatan Candi Borobudur. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) saat menjelang Perayaan Waisak 2022.

Langkah ini sekaligus menjadi upaya pemerintah mendorong pemulihan sektor pariwisata.

“Dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan Pandemi Covid-19, Pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada 5 KSPN/DSPS yang dihentikan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Minggu (15/5/2022).

 BACA JUGA:Perbaikan 14 Jalan Disebut Pakai Dana Hibah, Ini Penjelasan PUPR

Ssatu Sarhunta yang telah disiapkan Kementerian PUPR adalah Sarhunta Borobudur.

Diharapkan umat Buddha yang datang ke perayaan Waisak maupun para wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur dapat menginap di Sarhunta.

Program Sarhunta merupakan rangkaian kegiatan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perumahan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Program ini bertujuan meningkatkan kualitas rumah menjadi lebih layak huni.

Basuki menyebut, ada 821 rumah yang mendapat bantuan Sarhunta.

Bantuan tersebut terdiri dari 382 di 15 desa berupa peningkatan kualitas rumah dengan fungsi homestay dan usaha pariwisata lainnya dan 439 unit di empat desa peningkatan kualitas rumah swadaya tanpa fungsi usaha.

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan Sarhunta yang dibangun Kementerian PUPR memiliki beberapa karakteristik yang membedakan dengan hunian masyarakat lainnya.

“Ciri khas elemen fisik dapat dilihat dari pembangunan atap tradisional Jawa Kerakyatan dengan bumbungan kalpataru, ada teras homestay, pintu dan jendela dengan motif kawung dan pigura bata ekspose, kamar tidur dengan bata ekspose dan fasilitas penginapan yang memadai, kamar mandi standar yang bersih serta adanya pot atau gentong untuk cuci tangan,” ucap Iwan.

Kehadiran Sarhunta, lanjut di Iwan, diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat di sekitar Candi Borobudur serta meningkatkan kualitas hunian.

 BACA JUGA:PUPR Buka Jalan Rigid Duduksampeyan, Tidak Ada Contraflow di Pantura saat Mudik Lebaran 2022

Salah satu penerima manfaat Sarhunta Candi Borobudur Suripto mengatakan kehadiran Sarhunta mampu meningkatkan kualitas hunian, mendorong perekonomian masyarakat, sekaligus mendukung sektor pariwisata yang ada di Borobudur.

“Pada masa liburan Lebaran kemarin banyak wisatawan yang memilih menginap di Sarhunta ketimbang di hotel. Pada perayaan Waisak tahun ini pun Sarhunta yang dikelola langsung oleh masyarakat juga sudah penuh terisi sehingga mendorong geliat perekonomian dan pariwisata di Magelang,” katnya.

Suripto mengatakan tarif Sarhunta dipatok Rp300.000 untuk kamar dengan kipas angin dan Rp400.000 untuk kamar dengan fasilitas AC.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini