Share

Ilmuwan Jepang Duga Omicron Jadi Penyebab Wabah Hepatitis Misterius

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 12:00 WIB
$detail['images_title']
Ilmuwan temukan keterkaitan hepatitis misterius dengan Omicron (Foto: Medicaldaily)

PERKEMBANGAN kasus hepatitis misterius pada anak semakin mengkhawatirkan. Penelitian baru dari Jepang menemukan keterkaitan antara Omicron dengan Hepatitis akut misterius ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Profesor Universitas Kyoto Hiroshi Nishiura kepada dewan penasihat virus corona kementerian. Di menjelaskan bahwa negara dengan jumlah besar terinfeksi omicron seperti, Inggris dan Amerika Serikat ditemukan dan melaporkan jumlah kasus hepatitis anak yang juga relatif lebih tinggi.

Hepatitis

“Kita tidak dapat memungkiri kemungkinan bahwa infeksi dengan omicron ada kaitannya dengan terjadinya hepatitis berat pada anak-anak,” ujar Nishiura dalampresentasi di kementerian dilansir Japan Times, Minggu (15/5/2022)

Lebih lanjut, Nishiura mengatakan jika balita dan bayi tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan vaksin virus corona. Justru mereka mungkin lebih berisiko terjangkit hepatitis parah, setelah terinfeksi adenovirus.

BACA JUGA : Cegah Hepatitis Misterius, Ampuhkah Vaksin yang Ada?

Hal tersebut terjadi apabila mereka berada di negara-negara dengan infeksi Covid-19 skala besar terjadi. Kendati itu, dia menyadari bahwa perlu adanya penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membangun hubungan sebab akibat antara infeksi omicron dan hepatitis anak.

BACA JUGA :  Cegah Hepatitis Misterius, Semua Orang Wajib Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun!

Dalam penelitian, yang segera diterbitkan dalam jurnal akademik, tim Nishiura melihat hubungan antara jumlah kumulatif kasus omicron di 38 negara OECD dan Rumania antara 1 Desember dan 27 April dan jumlah kemungkinan kasus anak parah yang dilaporkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sekadar informasi, WHO menerima laporan pertama dari 10 kasus hepatitis yang tidak dapat dijelaskan pada anak di bawah usia 10 tahun di Skotlandia pada 5 April. Dalam hipotesis penelitian, organisasi kesehatan dunia (WHO) mengungkap adanya virus Adenovirus dalam ditemukan, dalam kebanyakan kasus Hepatitis akut misterius ini.

“Saat ini, hipotesis utama tetap yang melibatkan adenovirus dengan juga masih merupakan pertimbangan penting tentang peran Covid juga, sebagai koinfeksi atau infeksi masa lalu,” Philippa Easterbrook, seorang ilmuwan dengan program hepatitis global WHO , mengatakan pada konferensi pers pada hari Selasa.

1
2