Share

Membangun Akses Air Bersih di Pesisir Manggarai Timur

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 614 2595122 membangun-akses-air-bersih-di-pesisir-manggarai-timur-KyLFxOwP3c.jpg Membangun akses air bersih untuk masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: ACT)
A A A

SAAT musim kemarau, warga di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, sulit mendapatkan air bersih. Terutama di Kampung Asi dan Kampung Sigi, di mana setiap musim kemarau datang, sering terjadi kekeringan.

Selain sulit mengeluarkan air pada musim kemarau, air di beberapa titik di Kelurahan Pota juga terasa payau. Wilayah ini merupakan dataran rendah dan termasuk dalam wilayah pesisir.

Membangun akses air bersih untuk masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur. (Foto: ACT)

"Saat musim kemarau, warga mesti ke sungai untuk memperoleh air bersih. Jarak yang harus ditempuh dari permukiman menuju sumber air yakni sekitar 3 kilometer,” jelas Ramadhan dari Tim Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap, Rabu 16 Maret 2022.

Sebagian besar warga di Kelurahan Pota sudah memiliki MCK, meskipun di antaranya masih sederhana dengan menggunakan timba. Jika tidak memiliki MCK, maka warga bisa menggunakan fasilitas air yang tersedia untuk umum. Seperti halnya yang dapat ditemui di Masjid Nurul Barokah di Kampung Pota, Kelurahan Pota.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, kondisi MCK di Masjid Nurul Barokah pun masih kurang memadai. Tim Global Wakaf-ACT membangun Sumur Wakaf untuk masyarakat serta kurang lebih 300 jemaah Masjid Nurul Barokah. Sumur Wakaf ini rampung pada awal Januari 2022.

"Kita berharap MCK ini tidak hanya bermanfaat untuk kebutuhan jemaah masjid saja, tetapi juga untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat secara umum," ujar Nurul.

Abdurahim sebagai takmir Masjid Nurul Barokah, bersyukur dengan fasilitas ini. "Harapan kami, Global Wakaf-ACT tetap semangat di jalan Allah, dan dapat mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan rumah Allah. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami, dan semoga berkah untuk para dermawan," kata Abdurahim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini