Share

Surat Al Baqarah Ayat 126: Nabi Ibrahim Berdoa Minta Negeri Aman Sentosa

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 330 2595734 surat-al-baqarah-ayat-126-nabi-ibrahim-berdoa-minta-negeri-aman-sentosa-hbLp5wngwj.jpg Ilustrasi tafsir Surat Al Baqarah Ayat 126. (Foto: Afshad/Pixabay)
A A A

SURAT Al Baqarah Ayat 126 menjelasakan bagaimana Nabi Ibrahim Alaihissalam berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diberikan keselamatan dan kemanan pada dua kota suci yakni Madinah dan Makkah.

Seperti tercantum dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala berikut ini:

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى

عَذَابِ النَّارِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ

"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali". (QS. Al-Baqarah ayat 126)

Kementerian Agama Saudi Arabia memberikan tafsir, “Dan Ingatlah -wahai nabi- ketika Ibrahim berkata sambil berdoa, “Wahai Tuhanku jadikanlah Makkah sebagai negeri yang aman dari ancaman rasa takut, dan berilah penduduknya rizki dari berbagai macam buah-buahan, dan khususkanlah dengan rizki ini bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Allah berfirman: “barangsiapa yang kafir dari mereka akan aku beri rezeki di dunia dan akan aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku akan dorong dengan paksa ke dalam siksa neraka.” Dan seburuk-buruknya tempat kembali dan tempat tinggal adalah tempat tersebut.

Sementara itu, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi menjelaskan makna kata : { أَضۡطَرُّهُۥ } Adhtharruhu : Saya paksa mereka merasakan adzab di neraka. Makna ayat : Pada ayat (126) mengandung perintah Allah Ta’ala kepada rasulNya untuk mengingatkan kembali doa Nabi Ibrahim kepada Rabbnya agar menjadikan Mekah sebagai negeri yang aman dan damai bagi siapa saja yang memasukinya, aman bagi dirinya, hartanya, dan kehormatannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Juga agar memberikan rizqi bagi penduduknya yang mukmin dengan buah-buahan. Sesungguhnya Allah telah mengabulkan doa Nabi Ibrahim, namun orang-orang kafir tetap mendapatkan rizqi di dunia, akan tetapi haram bagi mereka masuk ke dalam surga di akhirat nanti. Karena Allah Ta’ala telah memaksa mereka untuk merasakan adzab yang pedih di neraka.

Sungguh amat buruk tempat kembali mereka, dan neraka sejelek-jelek tempat kembali. Pelajaran dari ayat : Keberkahan doa Nabi Ibrahim bagi penduduk Mekah, dengan dikabulkannya doa beliau oleh Allah Ta’ala.

Orang kafir tidak terhalang rezekinya disebabkan kekufurannya, akan tetapi dia memperoleh hak dan kesempatan hidup kecuali termasuk golongan yang memerangi kaum muslimin sehingga harus di bunuh, atau masuk Islam. Tempat kembali bagi orang kafir yang mati adalah neraka. Tidak bisa ditawar lagi. Bahkan mati di tanah haram tidak bermanfaat sama sekali bagi orang kafir.

Demikianlah tafsir Surat Al Baqarah Ayat 126, yang menjelaskan bagaimana Nabi Ibrahim Alaihissallam berdoa kepada Allah Azza wa Jalla meminta negeri aman sentosa.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini