Share

RI Punya Harta Karun di IKN Nusantara, Ada Emas dan Perak

Tim Okezone , Okezone · Rabu 18 Mei 2022 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 470 2595630 ri-punya-harta-karun-di-ikn-nusantara-ada-emas-dan-perak-0LKMdfiT5m.jpg IKN Nusantara punya harta karun berupa kekayaan alam (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA – Indonesia memiliki harta karun di tanah ibu kota negara (IKN) Nusantara yang berupa kekayaan alam. Diketahui, Pemerintah akan memindahkan ibukota dari Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur.

Kekayaan alam yang ada di IKN merupakan cita-cita pemerintah agar bisa mewujudkan perekonomian Indonesia lebih baik lagi. Di mana dengan pengelolaan sumber daya alam tersebut juga membuat Indonesia diperkirakan bakal menjadi negara nomor 4 dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2024.

Banyaknya sumber daya alam di IKN disebut bisa jadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Bukan hanya baru bara, yang saat ini menjadi tulang punggung perekonomian, lokasi titik pembanguann IKN Nusantara juga menyimpan kekayaan alam dari sektor migas, andesit maupun emas dan perak.

Potensi emas dan perak diprediksi terkandung banyak di IKN. Diperkirakan cadangan emas di Kalimantan ini tercatat mencapai 40 juta ton bijih dan cadangan perak 16 juta ton bijih, hal tersebut berdasarkan data Badan Geologi per Juni 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sedangkan untuk kandungan bijih emas dan perak yang terkandung di dalamnya sekitar 5% dari total sumber daya emas nasional yang totalnya mencapai 14,96 miliar ton. Lalu untuk perak sebesar 305,67 juta ton dari total 7,57 miliar ton.

Total sumber daya bijih emas di Kalimantan mencapai 746,98 juta ton atau 5% dari total sumber daya emas nasional yang tercatat mencapai 14,96 miliar ton dan sumber daya perak sebesar 305,67 juta ton atau sekitar 4% dari total sumber daya perak nasional sebesar 7,57 miliar ton.

Berdasarkan IUP (Izin Usaha Pertambangan) di Kalimantan Timur baru ada dua yang baru mengelola tambah emas dan perak tersebut.

Tak hanya emas dan perak, di IKN uga terdapat bantuan andesit yang menjadi salah satu bahan baku untuk membangun bendungan.

Diketahui keberadaan batu Andesit juga menjadi titik konflik dari pembajakan bendungan Bener di Desa Wadas, Jawa Tengah. Antara BUMN Karya dan warga yang mempertahankan tanahnya.

Baca Selengkapnya: 8 Fakta 'Harta Karun' Melimpah di IKN Nusantara

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini