Share

Aturan Wajib Masker Dilonggarkan, Menparekraf: RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Tim Okezone , Okezone · Rabu 18 Mei 2022 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 18 2596358 aturan-wajib-masker-dilonggarkan-menparekraf-ri-singapura-perkuat-kolaborasi-sektor-parekraf-kYmGlIYh15.jpg Sandiaga Uno dan pejabat Singapura. (Foto: Dok Kemenparekraf)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Perdagangan Singapura sepakat memperkuat kolaborasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca-kewajiban masker dilonggarkan.

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan kebijakan melonggarkan penggunaan masker yang diumumkan Presiden Joko Widodo menjadi momentum bagi Indonesia dan Singapura untuk memulihkan kembali sektor Parekraf yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

"Selain itu, Pemerintah Indonesia mencabut kewajiban tes PCR/antigen sebagai syarat perjalanan domestik dan internasional. Jadi, ini adalah berita besar bagi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandi.

 Baca juga: Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif di Sragen, Menparekraf Sandiaga Uno Gagas Creative Hub

Tidak hanya itu, Indonesia juga telah membuka perbatasan dengan Singapura melalui Batam-Bintan.

Dibukanya perbatasan tersebut menjadi kesempatan bagi Indonesia dan Singapura untuk mengembangkan kolaborasi terkait wisata olahraga, ecotourism, wisata kesehatan, dan pengembangan produk-produk ekonomi kreatif.

"Daripada kita bersaing, saya pikir akan lebih baik jika kita berkolaborasi bersama. Saya tahu peluang pasar di sektor-sektor ini sangat besar, jadi mari kita berkolaborasi dan saya harap akan ada investasi yang datang dari Singapura," kata Sandi.

Selain itu, Sandi mengungkapkan ada sejumlah subsektor ekonomi kreatif yang berkembang pesat di Indonesia pada masa pandemi Covid-19 seperti aplikasi dan permainan serta film.

Terlebih pada SEA GAMES 2022, Indonesia menyapu bersih medali emas dan perak di cabang e-sports dalam game free fire.

"Game yang dikembangkan oleh Garena, yang seperti kita ketahui bersama adalah perusahaan asal Singapura ini. Kami di Indonesia juga ada perusahaan pengembang game yang masih membutuhkan investasi, jadi kami harap kolaborasi kita ini bisa mempermudah investasi bagi para pengembang game," katanya.

Sementara itu, Lawrence Wong mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Indonesia untuk mengembangkan sektor Parekraf yang lebih baik dari masa sebelum pandemi Covid-19.

"Bila pariwisata telah pulih, harapannya Indonesia dan Singapura dapat saling menguntungkan satu sama lain. Secara khusus di bidang cruise, paket penerbangan dan peluang kerja sama lainnya," kata Lawrence.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini