Share

Chef Miliki Peran Penting Gaungkan Keanekaragaman Pangan Indonesia

Tim Okezone, Okezone · Rabu 18 Mei 2022 23:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 298 2596399 chef-miliki-peran-penting-gaungkan-keanekaragaman-pangan-indonesia-AA2RsH2b8m.jpg Peran chef gaungkan keanekaragaman pangan (Foto: Professnow)
A A A

KEPALA Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi membuka kegiatan Chef Expo 2022. Acara ini merupakan hajat besar Asosiasi Chef Indonesia, resmi dibuka setelah pandemi Covid 19.

Arief menyambut Baik kegiatan ICA Chef Expo tahun ini, menurutnya para chef memiliki peranan penting dalam menggaungkan penganekaragaman pangan Indonesia. "Dari hasil karya olahan pangan di tangan chef tercipta berbagai keanekaragaman pangan," katanya,

Indonesia memiliki keragaman hayati terbesar di dunia, memiiliki 77 jenis sumber karbohidrat, 226 jenis kacang-kacangan, 389 jenis buah-buahan, 228 jenis sayuran, dan 110 jenis rempah dan bumbu-bumbuan.

"Melalui peran chef diharapkan dapat mengoptimalkan keragaman sumber pangan ini untuk mewujudkan kemandirian pangan,” jelas Arief.

 peran chef penting

Ia menambahkan bahwa indikator utama konsumsi pangan di Indonesia sudah beragam bergizi seimbang dan aman adalah melalui pencapaian skor Pola Pangan Harapan (PPH).

Arief menambahkan, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa pangan menjadi fokus utama saat ini, pangan perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan Kekayaan pangan Indonesia.

“Sejalan dengan amanah Presiden Joko Widodo bahwa pangan menjadi fokus utama, oleh karenanya mari kita bersama-sama bersinergi, berkolaborasi mengoptimalkan keragaman konsumsi pangan Indonesia,” ujarnya.

Presiden ICA Henry Alexie Bloem dalam sambutannya secara virtual dari Belanda mengucapkan selamat atas terbentuknya Badan Pangan Nasional dan dilantiknya Bapak Ir. H Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Chef Bloem berharap sinergi Indonesia Chef Association sebagai organisasi profesi para pengolah pangan dengan Badan Pangan Nasional akan menghasilkan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Slamet Jarwanto selaku Ketua Panitia Chef Expo 2022 merasa gembira karena Chef Expo 2022 berhasil digelar kembali dan menjadi event kuliner terbesar pertama di tahun ini. Ia juga berbahagia dan bersyukur acara ini resmi dibuka oleh Kepala Badang Pangan Nasional.

Kegiatan Chef Expo 2022 ini diisi penuh dengan agenda agenda menarik yang bisa dihadiri seperti, Cooking Demo Celebrity Chef Indonesia, Cooking Competition Junior dan Profesional, Talk show Plating technique, Talk show Hygiens dan operating system Food Service Industry, juga pameran buku kuliner.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini