Share

Ustadz Abdul Somad Ungkap Nikmat Terbesar dalam Hidup, Bukan Harta atau Keluarga!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 330 2595841 ustadz-abdul-somad-ungkap-nikmat-terbesar-dalam-hidup-bukan-harta-atau-keluarga-8CWa8Ti6Wx.jpeg Ustadz Abdul Somad (UAS) ungkap nikmat terbesar dalam hidup. (Foto: Dok Instagram @ustadzabdulsomad_official)
A A A

USTADZ Abdul Somad (UAS) mengungkap rahasia nikmat terbesar dalam hidup. Ternyata hal itu bukanlah harta atau keluarga. Lantas, apa kenikmatan tersebut?

UAS menegaskan bahwa nikmat terbesar umat Islam bukanlah harta ataupun keluarga. Bukan juga hidup dan bekerja. Sebab, jelas Ustadz Abdul Somad, semua makhluk hidup juga melakukan hal yang sama seperti manusia.

Baca juga: UAS Dideportasi saat Liburan ke Singapura, Sandiaga Uno Turun Tangan Sampai Bilang Begini 

Bahkan, lanjut UAS, tenaga yang kuat juga disebut bukan nikmat terbesar. Pasalnya, gajah dan banteng lebih memiliki tenaga yang kuat dibandingkan manusia.

Jawabannya adalah takut kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Ya, setinggi apa pun jabatan dan sebesar apa pun kekuasaan yang dimiliki, semua itu bukanlah nikmat terbesar dibandingkan takut serta patuh kepada perintah Allah Ta'ala.

"Nikmat terbesar adalah ketika kau takut kepada Allah setinggi apa pun jabatanmu, sebesar apa pun kekuasaanmu," kata Ustadz Abdul Somad dalam tayangan di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official.

Nikmat terbesar ini bisa digambarkan ketika seorang Muslim rela menutup tempat belanjaan atau meninggalkan pekerjaannya sejenak saat mendengar azan berkumandang, dan lekas mendirikan sholat sesegera mungkin. Ini adalah karunia terbesar jika dimiliki umat Islam.

"Kau tunduk dan patuh ketika azan berkumandang. Kau tutup tempat belanjamu. Kau tutup lokal dan kelasmu. Kau datang bersimpuh kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," ungkap Ustadz Abdul Somad.

Baca juga: UAS Ungkap Hukum Puasa Ramadan bagi Orang yang Masih Punya Utang Tahun Lalu 

Dia mengatakan, memang negara tidak membuat aturan ataupun denda bagi Muslim yang meninggalkan sholat, tetapi Muslim seharusnya justru takut karena Allah Subhanahu wa ta'ala, bukan karena kekuasaan hukum di dunia.

UAS menambahkan, apabila kaum Muslimin membesarkan Allah Subhanahu wa ta'ala dalam hati dan jiwanya, dunia ini pasti akan terlihat kecil dan hampa di matanya.

"Kau besarkan Allah dalam hatimu, maka dunia kecil di pelupuk matamu. Kau besarkan Allah dalam jiwamu, maka dunia ini hampa, tidak ada maknanya," terang Ustadz Abdul Somad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di samping itu, orang yang takut kepada Allah Subhanahu wa ta'ala pun akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar. Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak tampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar." (QS Al Mulk: 12)

Imam Al Ghazali pun mengatakan bahwa takut kepada Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan sikap terpuji sejauh ketakutan itu bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk meningkatkan amal salih dan ilmunya. Tetapi ketika ketakutan kepada Allah Ta'ala tidak membuahkan ilmu dan amal salih, maka rasa takut hanya menjadi penyesalan.

Baca juga: Bikin Merinding! Ustadz Abdul Somad Ungkap Keistimewaan Luar Biasa Baca Surat Yasin saat Ramadan 

"Ketahuilah, takut kepada Allah adalah hal terpuji. Tetapi kadang orang mengira ketika semua rasa takut itu terpuji, maka kebanyakan dan kekuatan rasa takut dari sewajarnya menjadi lebih terpuji, ini justru keliru. Takut kepada Allah merupakan pecut-Nya yang memotivasi hamba-Nya untuk tetap menambah ilmu dan amal salih agar dengan keduanya mereka dapat mendekatkan diri kepada-Nya." (Al Ghazali, 2018 M/1439-1440 H: Juz IV/164)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini