Share

Masya Allah! Ini 4 Keajaiban Sholat Tahajud 7 Hari 7 Malam

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 330 2596149 masya-allah-ini-4-keajaiban-sholat-tahajud-7-hari-7-malam-kgN67llQlb.jpg Ilustrasi kejaiban sholat tahajud 7 hari 7 malam. (Foto: Shutterstock)
A A A

KEAJAIBAN sholat tahajud 7 hari 7 malam ternyata sangat ingin diketahui banyak orang. Diketahui bahwa sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa atau melaksanakan ibadah sunah yang disebut sholat tahajud.

"Allah Subhanahu wa ta'ala akan membuka pintu pertolongan bagi hamba-Nya yang berdoa pada malam itu," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat Beserta Tata Cara hingga Doanya 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al Isra: 79)

Dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

"Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR Muslim nomor 757)

Selain itu, ada keutamaan yang sangat luar biasa bagi siapa saja yang melaksanakan sholat tahajud selama 7 hari 7 malam. Terlebih bagi Anda yang sedang memiliki hajat atau keinginan, dianjurkan untuk menunaikan sholat sunah paling utama ini.

Berikut empat keutamaan melaksanakan sholat tahajud 7 hari 7 malam:

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT, Lengkap Terjemahan Indonesia 

1. Dikabulkan doanya

Bagi kaum Muslimin yang melakukan sholat tahajud merupakan bagian dari ikhtiar untuk meminta sesuatu kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Dan siapa yang meminta kepadaKu niscaya Aku beri! Dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku pasti akan Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar." (HR Bukhari nomor 145 dan Muslim 758)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat (waktu) tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah, kebaikan dari urusan dunia dan akhirat, bertepatan dengan saat tersebut, melainkan dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam." (HR Bukhari dan muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Mendapat rahmat Allah Ta'ala

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Allah akan merahmati seorang suami yang bangun di malam hari kemudian ia sholat dan membangunkan istrinya, dan jika istri enggan melaksanakan sholat, lalu ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yang bangun di malam hari kemudian ia sholat dan membangunkan suaminya, dan jika suaminya enggan melakukan sholat, ia percikkan air ke wajahnya." (HR Abu Dawud)

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

"(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya? … " (QS Az-Zumar/39: 9)

Riwayat hadis dan ayat di atas benar-benar menjelaskan, bagi siapa saja yang menjalankan sholat tahajud ketika orang-orang tertidur pulas, maka ia akan mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Sholat Hajat atau Tahajud Dulu? Ini Urutannya yang Tepat 

3. Mendapat ampunan

Dosa-dosa manusia memang tidak terasa selalu bertambah. Oleh karena itu, rajin sholat tahajud sebagai ikhtiar dan meminta ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar semua dosa dihapus.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Dirikanlah Qiyamul Lail, karena itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, dan merupakan bentuk taqarrub, penghapus dosa dan penghalang dalam berbuat kekhilafan." (HR At-Tirmidzi)

Baca juga: Surat yang Dibaca saat Sholat Tahajud, Lengkap dengan Tata Caranya 

4. Dicintai Allah dan seluruh makhluk-Nya

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta'ala jika mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil Malaikat Jibril dan berkata: "Wahai Jibril, aku mencintai orang ini maka cintailah dia!" Maka Jibril pun mencintainya, lalu Jibril mengumumkannya kepada seluruh penduduk langit dan berkata:

"Wahai penduduk langit, sesungguhnya Allah mencintai orang ini, maka cintai pulalah dia oleh kalian semua, maka seluruh penduduk langit pun mencintainya. Kemudian orang itu pun dicintai oleh segenap makhluk Allah di muka bumi ini." (HR Bukhari)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini