Share

Wajib Tahu! Ini Batas Waktu Sholat Tahajud Sesuai Syariat

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 01:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 330 2596200 wajib-tahu-ini-batas-waktu-sholat-tahajud-sesuai-syariat-9rdOP8KFPr.jpg Ilustrasi batas waktu sholat tahajud. (Foto: Shutterstock)
A A A

BATAS waktu sholat tahajud akan dibahas dalam artikel kali ini. Sebagai umat Islam, mengerjakan sholat merupakan sebuah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Selain sholat wajib, Allah Subhanahu wa ta'ala juga memerintahkan untuk menjalankan sholat sunah.

Salah satunya adalah sholat tahajud yang disebut sebagai sholat terbaik setelah sholat wajib. Sebagaimana yang diketahui, sholat tahajud memiliki banyak keutamaan. Seperti tertulis dalam Alquran Surat Al Isra Ayat 79 berikut ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan dari sebagian malam sholat tahajudlah kamu (Muhammad ﷺ) dengan membaca Alquran (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji." (QS Al Isra: 79)

Baca juga: Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat Beserta Tata Cara hingga Doanya 

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT, Lengkap Terjemahan Indonesia 

Lantas, apakah sholat tahajud memiliki batasan waktu untuk mengerjakannya? Nah, berikut adalah batas waktu sholat tahajud sesuai syariat Islam.

Sebuah riwayat menjelaskan mengenai waktu sholat tahajud sebagai berikut ini:

"Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, niscaya Allah akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam." (HR Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam riwayat yang lain menjelaskan sebagai berikut:

"Abu Muslim kepada Abu Dzar bertanya, 'Kapankah waktu utama untuk melaksanakan sholat malam?' Kemudian Abu Dzar pun menjawab, 'Aku telah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Sebagaimana yang telah engkau tanyakan kepadaku ini.' Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Perut malam yang masih tinggal adalah sepertiga yang terakhir. Sayang sedikit sekali orang yang melaksanakannya'." (HR Ahmad)

Baca juga: Sholat Hajat atau Tahajud Dulu? Ini Urutannya yang Tepat 

Baca juga: Surat yang Dibaca saat Sholat Tahajud, Lengkap dengan Tata Caranya 

Dalam riwayat tersebut dijelaskan bahwa pelaksanaan sholat tahajud sebaiknya dilakukan pada sepertiga malam yang terakhir hingga menjelang sholat subuh. Meski demikian, tidak ada hadis yang menjelaskan tentang batas waktu sholat tahajud secara spesifik.

Demikian informasi mengenai batas waktu sholat tahajud sesuai syariat Islam. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini