Share

Peran dan Tugas Penting MCH untuk Edukasi Jamaah Haji RI

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 398 2596284 peran-dan-tugas-penting-mch-untuk-edukasi-jamaah-haji-ri-lZIIgJZzm0.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)
A A A

JAKARTA - Tugas Media Center Haji (MCH) 2022 yang akan berangkat ke Arab Saudi akan diulas dalam artikel ini.

MCH 2022 terdiri dari sekitar 20 jurnalis yang terdiri dari berbagai media, mulai dari media online, media cetak, media televisi hingga media radio.

Stafsus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo berharap tim MCH mampu memberikan edukasi kepada jamaah haji Indonesia di tengah keterbatasan waktu. Meski terbatas, namun pemerintah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah Indonesia.

"Saya berharap teman-teman media bisa memberikan edukasi kepada jamaah haji. Jadi tidak hanya melaporkan dan menulis berita haji saja, tidak hanya hardnews, tapi angle lain yang menyampaikan rasa optimistisme bahwa pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar, aman dan nyaman," kata Wibowo di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (18/5/2022).

 BACA JUGA:Kemenag Gandeng BPOM untuk Pastikan Keamanan dan Kesehatan Konsumsi Jemaah Haji 2022

Wibowo menambahkan, tim MCH juga bagian dari PPIH Arab Saudi yang harus mempunyai semangat melayani jamaah haji Indonesia yang merupakan tamu Allah SWT.

"Pesan Menteri Agama saat pembukaan bimbingan teknis (Bimtek) kemarin bahwa semangat kita semua para petugas ini melayani para tamu Allah. Para petugas, termasuk MCH, mesti menjadi supporting system agar para tamu Allah terlayani dengan baik, nyaman dalam beribadah dan menjadi haji mabrur. Semangat ini yang harus kita pegang teguh," katanya.

 BACA JUGA:Ingin Pastikan Layanan Jamaah Haji Sudah Siap, Menag Bertolak ke Arab Saudi

Wibowo berharap, para MCH menjadi bagian dari tim Kementerian Agama yang memberikan informasi dan edukasi positif kepada jamaah Indonesia. Edukasi yang menjadi concern untuk para calon jamaah haji misalnya terkait soal layanan di Arab Saudi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Diharapkan, MCH mampu memberikan informasi jelas kepada masyarakat luas khususnya jamaah haji Indonesia.

Sementara, para tim MCH akan dibagi dalam 3 daerah kerja (daker) yang ditempati di antaranya Daker Madinah, Makkah dan Bandara.

"Kita perlu sinergi. Kita harus menjadi satu tim yang kompak dan solid dalam memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah haji Indonesia," ujar Wibowo.

MCH juga masuk ke dalam Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2022.

"Memahami tugas sebagai MCH, apa saja yang kita lakukan di sana. Misalnya, ada masalah atau problem yang dihadapi jamaah haji," kata fasilitator Media Center Haji 2022, Khoiron Durori.

Khoiron mengingatkan, pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada PPIH Arab Saudi agar memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah haji Indonesia pada tahun ini.

"Pesan pak Menteri Agama jelas banget, kita tergabung dalam PPIH. Maka semua atribut ditanggalkan," katanya.

Khoiron menjelaskan, MCH adalah pusat kegiatan, informasi dan publikasi tentang kegiatan penyelenggaraan ibadah haji baik di Tanah Air dan Arab Saudi.

"Ekspektasi layanan informasi publik, ruang konfirmasi publik, media edukasi publik," katanya.

MCH juga menjadi kebutuhan akan layanan informasi cenderung mengalami eskalasi manakala terjadi peristiwa (musibah) di Saudi saat musim haji, MCH diharapkan menjadi sarana masyarakat mendapatkan layanan informasi.

Media Edukasi Publik

Tim MCH berperan penting dalam mengedukasi masyarakat terkait:

- Layanan fasilitas yang disiapkan pemerintah

- Peta lokasi perhajian

- Pola hidup dan tradisi di Arab Saudi

- Keseimbangan ibadah dan kesehatan (memberikan edukasi ke publik pada saat jelang puncak haji)

- Manasik haji

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini