Share

5 Sosok Siluman Paling Ditakuti di Tanah Jawa, Selain Badarawuhi

Arya Ravato Bagasraga, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 406 2596135 5-sosok-siluman-paling-ditakuti-di-tanah-jawa-selain-badarawuhi-ryeSoVylyk.png Selain Badarawuhi, Ini Sosok Siluman Paling Ditakuti di Tanah Jawa

BADARAWUHI adalah sosok siluman penunggu desa di Kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Sosok Badarawuhi baru-baru ini menjadi perbincangan netizen, setelah rilisnya film KKN Desa Penari yang sedang ramai di Indonesia.

Adanya sosok peran Badarawuhi nyatanya menjadi daya tarik tersendiri yang membuat semua orang penasaran dengan alur cerita film KKN di Desa Penari. Lantas, siapa sebenarnya Badarawui? Dan, mengapa sosoknya begitu ditakuti di desa tersebut?

Film bergenre kisah mistis yang menceritakan 6 siswa yang tengah melakukan kuliah kerja nyata alias KKN ini nyatanya harus menemukan berbagai hal mistis dalam perjalanannya.

Salah satunya, diganggu oleh sang penunggu dengan wujud seorang penari bertubuh ular yang bernama Badarawuhi. Sosok siluman ular yang memiliki paras ayu, cantik dan penuh pesona. Siluman tersebut juga merupakan seorang penari.

infografis

Badarawuhi juga dapat berubah wujud menjadi setengah badan atas wanita bermahkota dan bagian tengah ke bawah berbentuk ular saat ada seseorang yang mengotori atau melanggar wilayahnya berkuasa.

Namun ternyata, tidak hanya sosok Badarawuhi yang ditakuti di Tanah Jawa.

Seperti dilansir dari berbagai sumber dengan judul 'Tak Hanya Badarawuhi pada Kisah KKN di Desa Penari, 3 Makhluk Gaib ini Juga Paling Ditakuti di Tanah Jawa'

1. Nyi Mas Gadung Melati

Menurut kepercayaan Jawa, Nyi Mas Gadung Melati bertugas untuk memelihara serta memberi kehijauan taman Merapi.

2. Semar

Semar merupakan tokoh wayang nun sakti. Eyang sepuh asa pandawa lima ini begitu populer dalam penokohan kedudukannya sebagai ayah dari petruk, gareng, serta bagong.

Semar merupakan penjaga Jawa yang paling tua usianya. Di kalangan Tanah Jawa pada umumnya, keberadaan Semar begitu diyakini berupa suara tanpa rupa. Keberadaan Semar diyakini dengan istilah mencolok putri, yang artinya dapat berwujud dan menyamar sebagai manusia biasa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Prabu Siliwangi

Selain dikenal sebagai raja yang arif dan bijaksana, Prabu Siliwangi juga dikenal memiliki ilmu sakti dan mandraguna. Sosok Prabu Siliwangi begitu dihormati dan disegani oleh kepercayaan lokal.

Selama hidupnya, Prabu Siliwangi begitu ditakuti dan disegani semua rakyatnya. Sebagaimana dikisahkan pada buku "Hitam Putih Pajajaran : dari Kejayaan hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" tulisan Fery Taufiq El Jaquene.

infografis

4. Nyi Rantam Sari

Di Jawa Tengah ada sosok yang disegani ia adalah Nyi Rantam Sari atau Dewi Rantam Sari. Kendati hanya ada dalam mistos, namun bagi warga Brebes, Tegal dan Slawi, Wanita ini nyatanya sangat ditakuti dan disegani.

5. Sabda Palon

Merupakan sosok makluk gaib yang menjadi pelindung dan penjaga raja-raja di Tanah Jawa dari sejak 525 tahun sebelum Masehi. Sabda Palon sebenarnya, merupakan penasihat spiritual yang memiliki ilmu tinggi dari raja Brawijaya V yakni Raja Majapahit terakhir.

Sabda Palon diduga juga memiliki kekuatan supranatural yang bisa membuat Waturenggong sangat kagum, sehingga diangkat menjadi pendeta kerajaan.

Ada juga yang mengatakan, jika Sabda Palon sosok makhluk gaib yang menjaga Gunung Tidar Magelang, sehingga dirinya terlibat pertarungan sengit dengan Syeh Subakir. Di mana Syekh Subakir merupakan sosok ulama besar yang diutus kesultanan Turki Usmania untuk membersihkan tanah Jawa dari pengaruh gaib.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini