Share
Advertisement

Beragam Fakta Menarik Ikan Mas yang Tak Dimiliki Manusia

Ahmad Muhajir , Jurnalis-Rabu 18 Mei 2022 17:49 WIB
Beragam fakta menarik ikan mas yang tak dimiliki manusia (Foto: Sputniknews)
Beragam fakta menarik ikan mas yang tak dimiliki manusia (Foto: Sputniknews)
A
A
A

JAKARTA - Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang sudah dikenal banyak orang. Sebab, hampir sebagian besar orang memelihara ikan mas untuk mengisi kolam miliknya yang ada di rumah, di sekolah, bahkan di kantor.

Dilansir Clubscientific, Rabu (18/5/2022), sebenarnya ada banyak hal yang perlu diketahui dari ikan mas. Salah satunya, dapat melihat sinar ultraviolet inframerah.

Hal ini, tentunya merupakan kelebihan dari ikan mas yang tidak dimiliki manusia.

Sinar ultraviolet sendiri, yakni pita spektrum elektromagnetik. Ini lebih pendek dari cahaya tampak, tetapi lebih panjang dari sinar X, itulah sebabnya manusia tidak bisa melihatnya. Sinar ultraviolet dipancarkan dari Matahari.

Lalu, sinar inframerah atau infrared light, yaitu sejenis cahaya. Gelombangnya lebih panjang dari yang bisa dilihat manusia. Cahaya inframerah dinilai sebagai panas.

Sementara itu, ikan mas memiliki empat jenis sel kerucut di matanya. Sel kerucut ini, sensitif terhadap warna merah, hijau, biru, dan ultraviolet.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement