Share
Advertisement

8 Cara Mudah Screenshot di Laptop Windows 10

Ahmad Muhajir , Jurnalis-Rabu 18 Mei 2022 17:12 WIB
8 cara mudah screenshot di laptop Windows 10 (Foto: Reuters)
8 cara mudah screenshot di laptop Windows 10 (Foto: Reuters)
A
A
A

JAKARTA - Ada 8 cara screenshot di laptop Windows 10 yang dapat dilakukan oleh pengguna. Windows 10 saat ini telah menjadi Operating System (OS) yang banyak digunakan pengguna laptop.

Sama seperti OS Windows sebelumnya, Windows 10 juga dilengkapi dengan fitur screenshot yang memudahkan pengguna laptop dalam mengambil gambar layar. Namun, tidak banyak pengguna OS satu ini yang mengetahui cara mudah screenshot.

Lantas, cara mudah apa saja yang bisa dilakukan untuk screenshot laptop Windows 10? Dirangkum dari berbagai sumber, lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Tekan Tombol PrtSc

Cara screenshot di beberapa laptop Windows 10 bisa dilakukan dengan menekan tombol PrtSc di keyboard. Lalu hasil tangkapan layar akan tersimpan di clipboard. Kamu bisa langsung paste hasil gambar secara langsung di aplikasi dokumen seperti word dengan shortcut CTRL + V.

2. Alt + PrtSc

Cara selanjutnya untuk melakukan tangkapan layar di laptop, kamu bisa menggunakan shortcut Alt + PrtSc. Shortcut tersebut berfungsi untuk screenshot layar yang sedang aktif saja.

Hasil tangkapan gambar akan tersimpan di clipboard dan kamu bisa menempelkannya (paste) di aplikasi Paint jika ingin mengedit hasil gambar screenshot tersebut.

3. Windows Key + Shift + S

Cara screenshot di laptop Windows 10 juga bisa dilakukan dengan shortcut Windows +Shift +S. Shortcut ini akan membawa kamu ke aplikasi bawaan Windows yang dinamakan Snip & Sketch. Dengan menekan shortcut tersebut, nantinya layar laptop akan meredup dan petunjuk mouse akan berubah.

Kamu bisa menentukan sendiri bagian layar mana yang akan di screenshot. Setelah itu, kamu bisa mengedit hasil tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch dan menyimpannya dengan klik ikon save pada bagian atas aplikasi.

4. Windows Key + PrtSc

Kombinasi shortcut Windows + PrtSc berfungsi untuk melakukan tangkapan seluruh layar. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol lain seperti Fn + Windows + PrtSc. Hasil tangkapan layar akan disimpan sebagai foto di folder Picture dengan sub folder Screenshots.

5. Snipping Tool

Pada sistem operasi Windows, terdapat sebuah aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk melakukan screenshot di komputer dan membuat anotasinya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu membukanya dengan cara memanggil melalui Cortana atau klik Start dan ketik 'snipping tool'. Setelah aplikasi terbuka, klik new dan langsung pilih area screenshot yang dipilih. Kamu bisa langsung menyimpannya atau melakukan screenshot ulang bila merasa tidak puas.

Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista dan menjadi cara ss di laptop dan komputer yang paling mudah untuk dilakukan.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement