Share

Begini Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan Beserta Ketentuannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 02:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 616 2596208 begini-tata-cara-sholat-tahajud-perempuan-beserta-ketentuannya-cCmJWkGuuF.jpg Ilustrasi tata cara sholat tahajud perempuan beserta ketentuannya. (Foto: Freepik)
A A A

TATA cara sholat tahajud perempuan sebenarnya bisa juga dilakukan oleh laki-laki. Allah Subhanahu wa ta'ala telah memerintahkan kepada seluruh hamba-Nya untuk melaksanakan ibadah sholat sebagai sebuah kewajiban.

Meski begitu, ada beberapa sholat sunnah yang juga disarankan untuk dilakukan. Salah satunya adalah sholat tahajud yang merupakan sholat sunnah terbaik setelah sholat wajib.

Lalu, bagaimana tata cara sholat tahajud perempuan dan bagaimana ketentuannya? Simak informasinya berikut ini.

Mengutip dari nu.or.id, tata cara untuk melakukan sholat tahajud mudah untuk dilakukan sebagaimana sholat sunnah yang lain, yaitu sebagai berikut:

1. Niat sholat tahajud. Cukup di dalam hati.

2. Takbiratul ihram diikuti doa iftitah.

3. Membaca Surat Al Fatihah.

3. Membaca surat di dalam Alquran.

4. Rukuk.

5. Iktidal.

6. Sujud.

7. Bangun untuk melanjutkan rakaat kedua.

8. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama.

9. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua.

10. Salam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ketentuan Sholat Tahajud

Sholat tahajud dilakukan setelah bangun tidur di malam hari. Sholat tahajud seperti sholat yang lain, yaitu dilakukan dengan 2 rakaat dan 1 kali salam. Tidak ada batasan untuk jumlah rakaatnya.

Pada bacaan suratnya, anda bisa membaca suarat-surat yang ada di dalam Al Quran, baik surat yang panjang maupun surat yang pendek. Setalah melaksanakan sholat tahajud, anda bisa memanjatkan doa dan juga berdzikir.

Perlu anda ketahui, sholat tahajud yang dilaksanakan pada sepertiga malam ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dikabulkannya doa-doa. Sebagaimana yang ada di dalam HR Bukhari berikut ini:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: Allah Tabaraka wa Ta'ala turun ke langit dunia pada setiap malamnya hingga tersisa sepertiga malam yang terakhir, Allah berfirman, "Siapa yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, akan Aku ampuni."

Demikian informasi mengenai tata cara sholat tahajud perempuan beserta ketentuannya. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Allahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini