Share

UMY dan Hannover Medical School Jerman Sepakat Kerjasama di Bidang Akademik dan Kesehatan

Priyo Setyawan, Koran SI · Rabu 18 Mei 2022 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 65 2596265 umy-dan-hannover-medical-school-jerman-sepakat-kerjasama-di-bidang-akademik-dan-kesehatan-DNMBtWpIFH.jpg UMY dan Hannover Medical School Jerman sepakat bekerjasama/Dok. Humas UMY

YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Hannover Medical School Jerman sepakat kerjasama di bidang akademik dan kesehatan.

Sebagai tindaklanjutnya, Rektor UMY Profesor Gunawan Budiyanto dan Exceutive Director Comprehensive Cancer Center Hannover Medical School Jerman, Profesor Jorg Haier melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama di Gedung AR Fakhruddin B lantai 5 UMY, Rabu (18/5/2022).

Menurut Rektor UMY, kerjasama ini untuk meningkatkan pengetahuan bagi civitas akademika, khususnya pada riset kesehatan sekaligus langkah positif dan menjadai kesempatan yang besar untuk mengenal serta menambah pengetahuan tentang riset kesehatan.

“Karena itu mendukung penuh inisiatif kerjasama antara UMY dengan Hannover Medical School di bidang akademik dan kesehatan ini,” katanya.

Executive Director Comprehensive Cancer Center Hannover, Prof. Jorg Haier, menjelaskan dalam MoU tersebut, tertuang beberapa implementasi baik yang sudah terlaksana, sedang terlaksana, dan akan dilaksanakan.

"Kami sudah berdiskusi dengan fakultas lain seperti Fakultas Hukum sehingga kami memiliki kesempatan untuk berkolaborasi di sana. Kami juga telah melakukan diskusi yang sangat intens dengan sekolah perawat kami. Dan interaksi dan kolaborasi pendidikan keperawatan akan berlangsung," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kabar baiknya lagi, minggu lalu baru saja mendapat hibah riset dari pemerintah Jerman. Sehingga, selama 18 bulan ke depan akan melakukan program ini bersama.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Kerjasama dan Internasional (LKI) UMY, Fitri Arofiati.

Ia mengatakan kolaborasi nanti juga dapat diimplementasikan secara kolaboratif dalam mengembangkan beberapa bidang terkait lainnya yang bisa dijalankan bersamaan dengan kesehatan.

Menurutnya, kolaborasi antara UMY dan Hannover saling memberi kebermanfaatan.

Hannover isa mengembangkan keilmuannya karena UMY bisa menjadi partner riset sekaligus peserta riset.

Sedang manfaat bagi UMY, riset-riset yang dilakukan bisa kita kembangkan dan inovasikan lagi agar lebih bermanfaat bagi Indonesia.

"Bagi UMY tentu sangat menguntungkan sekali karena Jerman negara maju," jelasnya.

Ia pun berharap kerjasama yang akan berlangsung hingga 5 tahun ke depan ini dapat melahirkan implementasi nyata yang lebih bervariasi.

Sehingga MoU bukan hanya sekedar formalitas tanda tangan akan tetapi ada kegiatan yang dilaksanakan dan bervariasi.

(bul)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini