Share

Selamat! Dosen Indonesia Juara Hafalan Alquran 30 Juz Tingkat Dunia

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 614 2597214 selamat-dosen-indonesia-juara-hafalan-alquran-30-juz-tingkat-dunia-lSRsh889CV.jpg Dosen Indonesia Rifdah Farnidah juara hafalan Alquran 30 juz tingkat dunia. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

DOSEN Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta kembali mengharumkan nama bangsa. Rifdah Farnidah, dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IIQ Jakarta, menjadi Juara 1 Musabaqah Hifzh al-Quran (MHQ) kategori 30 juz pada 107's Family Quranic Competition di Nigeria.

Ibu dosen Rifdah Farnidah mengalahkan 87 peserta dari berbagai negara, antara lain Ghana, Liberia, Amerika Serikat, India, Arab Saudi, dan Turki pada ajang yang berlangsung 8–26 April 2022. Peraih Juara 2 MHQ Internasional di Yordania 2018 ini mengaku terharu dan bersyukur atas raihan tersebut.

Baca juga: Cobaan Ibu dan Anak Jadi Mualaf, Diusir Keluarga Besar hingga Makan Sepiring Berempat 

"Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia. Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari doa dan bimbingan dari guru-guru saya di Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta," tuturnya di Jakarta, Selasa 17 Mei 2022.

Dosen Indonesia Rifdah Farnidah juara hafalan Alquran 30 juz tingkat dunia. (Foto: Kemenag.go.id)

Atas capaian ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani memberikan apresiasi dan menyatakan rasa bangga yang mendalam. "Ditjen Pendidikan Islam tentu turut bangga dan berterima kasih atas capaian ini. Musabaqah Hifzh al-Qur'an 30 juz tingkat dunia diraih oleh Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama."

"Meski secara teritori, Indonesia jauh dari pusat kelahiran Islam di Timur Tengah, secara faktual Indonesia mampu menjadi peraih yang terbaik di ajang internasional. Indonesia tentu sangat bangga," tambah pria yang biasa disapa Kang Dhani ini, dikutip dari Kemenag.go.id.

Baca juga: Tukang Becak di Pekalongan Rela Tidur di Jalan demi Hemat Pengeluaran 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag Amin Suyitno memberikan apresiasi dan menyatakan bahwa ini menjadi bukti bahwa perguruan tinggi keagamaan Islam terus berkontribusi substantif di tingkat dunia, terlebih di bidang Studi Alquran.

"Terlebih, IIQ merupakan gudangnya para penghafal dan penafsir Alquran yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindonesiaan. Dari rahim IIQ, telah banyak qari dan qariah kian mengharumkan nama baik bangsa ini," ungkap Direktur Diktis yang juga guru besar UIN Raden Fatah Palembang ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dekan Fakultas Ushuluddin IIQ Muhammad Ulinnuha juga bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas capaian ibu dosen Rifdah Farnidah. "IIQ tetap konsisten mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan negara," ungkapnya.

Ia berharap ke depan akan terus lahir dari rahim IIQ Jakarta duta-duta Alquran yang menjuarai dan mengharumkan Indonesia di kancah Internasional.

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Surat Al Kahfi Lengkap 110 Ayat, Sunah Dibaca Setiap Jumat Buka di Alquran Digital Okezone 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Jumat Berkah 20 Mei 2022M/19 Syawal 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini