Share

Surat Ali Imran Ayat 92: Manfaat Infak bagi Umat Manusia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 330 2598425 surat-ali-imran-ayat-92-manfaat-infak-bagi-umat-manusia-OM5uemjSy7.jpg Ilustrasi Alquran Surat Al Baqarah Ayat 92. (Foto: Afshad/Pixabay)
A A A

SURAT Ali Imran Ayat 92 menjelaskan tentang manfaat infak untuk umat manusia. Sebagaimana diketahui, infak merupakan salah satu wujud ketaatan bagi seorang muslim. Sebab, perintah berinfak langsung yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagai informasi, Surat Ali Imran adalah surat ketiga di dalam kitab suci Alquran setelah surat Al Fatihah dan Al Baqarah. Surat ini merupakan salah satu surat dengan ayat terpanjang di dalam Al Quran, yaitu 200 ayat. Ali Imron juga merupakan golongan surat Madaniyah karena diturunkan di kota Madinnah.

Berikut arti dan isi tafsir Ali Imran Ayat 92.

Ali Imran Ayat 92

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتّٰى تُنْفِقُوْا مِمَّا تُحِبُّوْنَ ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

Artinya: “Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.” (Q.S Ali Imran: 92)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tafsir Ali Imran Ayat 92

Ada pula tafsir mengenai ayat 92 pada surat Ali Imran yang di keluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Okezone mengutip dari laman quran.kemenag.go.id, berikut isi tafsirnya:

Pada ayat sebelumnya dijelaskan bahwa orang yang meninggal dalam kekufuran, maka sebesar apa pun harta dan infak yang mereka keluarkan, tidak akan bisa dijadikan tebusan agar mereka bebas dari azab Allah.

Pada ayat ini dijelaskan tentang harta dan infak yang bermanfaat hendaknya harta yang dicintai, karena kamu tidak akan memperoleh kebajikan yang paling utama dan sempurna sebelum kamu menginfakkan, dengan cara yang baik dan tujuan yang benar, sebagian harta yang kamu cintai, yang paling bagus dari apa yang kamu miliki.

Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui niat dan tujuan kamu berinfak, apakah karena ingin dipuji atau dilihat orang (riya), ingin dipuji orang yang mendengar (sum'ah), atau semata-mata karena Allah. Jika infak dilaksanakan hanya karena Allah maka Allah akan membalasnya dengan kebaikan di dunia maupun akhirat.

Demikian ulasan mengenai Surat Ali Imran Ayat 92. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini