Share

Surat Ali Imran Ayat 31: Ganjaran Besar untuk Umat yang Mengikuti Perintah Allah Ta'ala

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 614 2598907 surat-ali-imran-ayat-31-ganjaran-besar-untuk-umat-yang-mengikuti-perintah-allah-ta-ala-Bv3lENhDTB.jpg Ilustrasi Alquran Surat Ali Imran Ayat 31. (Foto: Shutterstock)
A A A

SURAT Ali Imran Ayat 31 mengisahkan tentang Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam menyebarkan agama Islam. Di dalam ayat ini, Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan Nabi Muhammad untuk meminta kaum Muslimin jika benar beriman kepada Allah Ta'ala maka harus mengakui kerasulan Nabi Muhammad.

Surat Ali Imran dan Surat Al Baqarah merupakan dua surat di dalam kitab suci Alquran yang mendapat julukan “Az Zahrawaani” yang artinya dua yang cemerlang. Membaca surat ini dapat memiliki beberapa keutamaan, seperti menjadi syafaat di hari akhir nanti.

Lantas, bagaiaman dengan arti dan tafsir dari surat Ali Imran Ayat 31? Berikut ulasannya.

Ali Imran Ayat 31

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), 'Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu'." Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Q.S Ali Imran:31)

Tafsir Ayat

Adapun tafsir mengenai ayat 31 yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama RI. Okezone mengutip dari laman quran.kemenag.co.id, berikut isi tafsirnya:

Dalam ayat ini Allah memerintahkan Nabi untuk mengatakan kepada orang Yahudi, jika mereka benar menaati Allah maka hendaklah mereka mengakui kerasulan Nabi Muhammad, yaitu dengan melaksanakan segala yang terkandung dalam wahyu yang diturunkan Allah kepadanya.

Jika mereka telah berbuat demikian niscaya Allah akan meridai mereka dan memaafkan segala kesalahan-kesalahan yang telah mereka lakukan serta mengampuni dosa-dosa mereka. Mengikuti Rasul dengan sungguh-sungguh baik dalam itikad maupun amal saleh akan menghilangkan dampak maksiat dan kekejian jiwa mereka serta menghapuskan kezaliman yang mereka lakukan sebelumnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ayat ini memberikan keterangan yang kuat untuk mematahkan pengakuan orang-orang yang mengaku mencintai Allah pada setiap saat, sedang amal perbuatannya berlawanan dengan ucapan-ucapan itu. Bagaimana mungkin dapat berkumpul pada diri seseorang cinta kepada Allah dan pada saat yang sama membelakangi perintah-Nya.

Siapa yang mencintai Allah, tapi tidak mengikuti jalan dan petunjuk Rasulullah, maka pengakuan cinta itu adalah palsu dan dusta. Rasulullah bersabda: "Siapa melakukan perbuatan tidak berdasarkan perintah kami maka perbuatan itu ditolak". (Riwayat al-Bukhari). Barang siapa mencintai Allah dengan penuh ketaatan, serta mendekatkan diri kepada-Nya dengan mengikuti perintah Nabi-Nya, serta membersihkan dirinya dengan amal saleh, maka Allah mengampuni dosa-dosanya.

Demikian penjelasan mengenai Surat Ali Imran Ayat 31, semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini