Share

Tafsir Surat Ali Imran Ayat 8: Doa Meneguhkan Hati di Jalan Allah Ta'ala

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 614 2598914 tafsir-surat-ali-imran-ayat-8-doa-meneguhkan-hati-di-jalan-allah-ta-ala-rlN5bOvlXZ.jpg Ilustrasi Alquran Surat Ali Imran Ayat 8. (Foto: Shutterstock)
A A A

SURAT Ali Imran Ayat 8 berisi tentang sebuah doa keteguhan hati. Surat yang memiliki julukan “Az Zahrawani” ini memiliki 200 ayat dan merupakan golongan Madaniyah. Terdapat berbagai macam keutamaan membaca surat ini, salah satunya adalah akan memberikan syafaat di hari akhir kelak.

Iman manusia pada dasarnya memiliki ritme naik dan turun. Maka dari itu, memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjadi salah satu wujud kepasarahan diri agar iman tidak goyah. Doa mengenai keteguhan hari inilah yang tertuang di dalam kitab suci Alquran, yaitu pada Surat Ali Imran Ayat 8.

Lalu, bagaimana arti dan isi tafsir mengenai surat Ali Imran ayat 8 ? Berikut penjelasannya.

Ali Imran Ayat 8

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “(Mereka berdoa), 'Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi'." (QS Ali Imran: 8)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tafsir Ayat

Okezone mengutip dari laman quran.kemenag.co.id, berikut isi tafsir mengenai ayat tersebut menurut Kementrian Agama Republik Indonesia:

Menggunakan akal semata akan membuat seseorang mudah tergelincir. Oleh karenanya, orang-orang yang mendalam ilmunya dan mantap imannya selalu berdoa, "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan sebagaimana halnya mereka yang mencaricari takwil ayat-ayat mutasyabih untuk menimbulkan keraguan, setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat yang mencakup segala jenis dan macamnya, antara lain berupa kemantapan iman, ketenangan batin, kemudahan dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Rahmat itu bersumber dan langsung dari sisi-Mu, turun secara berkesinambungan dan tanpa mengharap imbalan apa pun, sebab sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Demikian penjelasan mengenai arti dan isi tafsir dari Surat Ali Imran Ayat 8. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini