Share

Indahnya Masjid Al Ghamama di Madinah, Tempat Nabi Muhammad Sholat Meminta Hujan

Hantoro, Jurnalis · Senin 30 Mei 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 615 2602351 indahnya-masjid-al-ghamama-di-madinah-tempat-nabi-muhammad-sholat-meminta-hujan-HaBsiJivnQ.jpg Masjid Al Ghamama di Madinah yang menjadi tempat Nabi Muhammad sholat id dan istisqa. (Foto: SPA/Arabnews)
A A A

MASJID Al Ghamama yang terletak 500 meter di barat daya Masjid Nabawi adalah salah satu bangunan bersejarah paling terkemuka di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid yang memiliki nama lain Masjid Awan ini dikaitkan dengan perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan dikenal sebagai tempat terakhir beliau melakukan Sholat Idul Fitri dan sholat istisqa atau meminta hujan.

Dikutip dari Arabnews, Masjid Al Ghamama telah mengalami beberapa kali perbaikan serta pemugaran sejak dibangun pada masa Umar bin Abdulaziz, antara tahun 86 hingga 93 Hijriah. Sultan Hassan bin Muhammad bin Qalawun Al Salihi memperbaruinya sebelum tahun 761H dan dipugar lagi ketika masa pemerintahan Sultan Inal pada tahun 861H.

Baca juga: Temannya yang Pelit Sakit, Abu Nawas Sembuhin Pakai Cara Datengin Orang-Orang Numpang Makan! 

Masjid Al Ghamama di Madinah yang menjadi tempat Nabi Muhammad sholat id dan istisqa. (Foto: SPA/Arabnews)

Baca juga: Ibu Ini Jadi Mualaf Usai Takjub Dengar Azan dan Sholawat Nabi, Anaknya Satu per Satu Ikut Masuk Islam 

Masjid Al Ghamama juga telah dirawat dan direnovasi selama era Raja Salman. Perubahan ini memberikan gaya arsitektur berbeda. Dimaksudkan agar jamaah mendapat manfaat dari menunaikan sholat di dalamnya serta merangkul banyak kegiatan keagamaan dan budaya. Ada juga nilai-nilai sejarah yang berkaitan dengan perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Masjid Al Ghamama ditutupi dari luar dengan batu basal hitam dan kubah serta dinding interiornya dicat putih. Sedangkan lengkungannya diarsir hitam untuk melengkapi penampilan masjid yang indah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebuah panel hijau yang indah ditempatkan di pintu masuk bangunan masjid. Tulisan nama Masjid Al Ghamama dibuat dalam kaligrafi yang indah.

Lengkungan luar masjid adalah mahakarya arsitektur yang langka, dibangun dengan batu berwarna gelap dan dipisahkan oleh garis putih.

Baca juga: 7 Amalan Salih yang Jadikan Seseorang Ahli Surga, Nomor 1 Sangat Disukai Rasulullah 

Baca juga: Mengetahui Lebih Jelas Mawaris, Ilmu Pembagian Harta Warisan Sesuai Syariat Islam 

Di bagian dalamnya, lengkungan yang indah menunjukkan kemegahan seni teknik. Ini menunjukkan keahlian perancangnya dalam mengerjakan Masjid Al Ghamama.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini