Share

Bacaan Doa Iftitah Pendek Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 614 2605317 bacaan-doa-iftitah-pendek-lengkap-teks-arab-latin-dan-artinya-bahasa-indonesia-iWmvcQVKqD.jpg Ilustrasi membaca Doa Iftitah ketika sholat. (Foto: Unsplash)
A A A

BACAAN Doa Iftitah pendek lengkap teks Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia akan diulas dalam artikel berikut ini. Iftitah adalah doa yang dibaca saat menjalankan ibadah sholat. Doa ini dibaca antara takbiratul ihram dan taawudz sebelum membaca Surat Al Fatihah.

Doa Iftitah memang bukan bagian bacaan dalam rukun sholat. Bahkan juga tidak termasuk syarat sah sholat. Namun, Doa Iftitah sunah dibaca.

Artinya, hukumnya sunah sehingga tidak wajib dibaca, namun dianjurkan. Ada bacaan Doa Iftitah pendek dan panjang sesuai hadis.

Pada dasarnya Doa Iftitah yang mana saja sangat baik dibaca. Doa Iftitah dibaca setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Surat Al Fatihah.

Berikut ini Doa Iftitah lengkap beserta teks Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia yang dibaca oleh kaum Muslimin ketika menjalankan sholat, yaitu:

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ .

Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Artinya: "Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri)."

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini