Share

Viral Anjing Rutin Bersihkan Sampah di Taman, Dijuluki Pahlawan Super

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 04 Juni 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 04 612 2605527 viral-anjing-rutin-bersihkan-sampah-di-taman-dijuluki-pahlawan-super-dCDrr3gsrj.jpg Ilustrasi viral anjing pemungut sampah di taman. (Foto: Alvan Nee/Unsplash)
A A A

VIRAL anjing bernama Sam menjadi pahlawan super yang bekerja menjaga taman di ibu kota Cile tetap bersih dan hijau. Apa kekuatan super Sam? Dia mengumpulkan sampah sebagai panutan untuk para pengunjung.

Sam diketahui anjing berjenis Border collie. Ia pintar secara rutin berjalan-jalan di taman metropolitan Santiago bersama pemiliknya mendadak jadi terkenal setelah memakai jubah hijau seperti pahlawan dalam komik sebagai panduan edukasi.

Baca juga: Viral Jualan Nasi Bakar, Melati Eks JKT48 Kebanjiran Pembeli 

Semua berawal ketika Sam dan Gonzalo Chiang harus beberapa kali berhenti di area hijau terbesar di kota tersebut untuk memungut botol plastik, masker, kaleng, dan kotak makanan.

"Ketika berjalan-jalan dengan Sam, kami menemukan banyak sampah," kata Chiang seperti dilansir Reuters.

"Sejak itu, kami harus bersiap memungut sampah yang ditemukan di tiap kunjungan," lanjutnya, dikutip dari Antara, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: 3 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Bekas Gatal Menghitam di Kulit, Gampang Banget Pakainya! 

Sampah yang ditemukan kian banyak. Pada April, mereka mengumpulkan 602 masker, 585 botol, dan 304 kaleng. Begitu juga sampah pakaian, helm, dan bungkus makanan.

"Jalan-jalan ini peluang bagus untuk membersihkan, bukan buang sampah," kata Chiang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pihak otoritas taman merasa terkesima dengan Sam yang rutin datang setidaknya tiga kali sepekan. Akhirnya sang anjing muncul di kampanye untuk menjaga taman.

Catalina Aravena mengubah anjing usia 5,5 tahun itu menjadi kartun dalam 'Sam: The Parquemet Superhero', meminta pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan atau membuangnya di lebih dari 40 tempat sampah di taman.

"Ini menjadi lebih menyebar dari yang dibayangkan. Ini menjangkau sekolah-sekolah dan media sosial," kata Aravena.

Baca juga: Terungkap! Di Balik 1 Porsi Nasi Padang Dapat Menyumbang 664 Kalori 

Taman ini telah meluncurkan kampanye anti-buang sampah sembarangan tahun lalu, meminta penjual minuman untuk berganti dari gelas plastik menjadi gelas beling, dan mulai membuat tempat sampah berbeda sesuai jenisnya agar bisa dipilah.

"Sam dan Gonzalo telah menginspirasi kami mempercepat proses edukasi dan struktur klasifikasi sampah ini," tukas direktur taman Eduardo Villalobos.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini