Share

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juni 2022, Lengkap Niat dan Keistimewaannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 614 2607489 jadwal-puasa-ayyamul-bidh-juni-2022-lengkap-niat-dan-keistimewaannya-oX97z8QQ8u.jpg Ilustrasi jadwal puasa Ayyamul Bidh. (Foto: Freepik)
A A A

JADWAL puasa Ayyamul Bidh Juni 2022 wajib diketahui agar tidak terlewat. Puasa sunah ini dikerjakan pada tengah bulan yakni tepatnya tanggal 13, 14, dan 15 hijriah. Keutamaannya sangat luar biasa besar yaitu mendapat pahala bagaikan puasa satu tahun penuh.

Dikutip dari Muslim.or.id, keistimewaan puasa Ayyamul Bidh sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari riwayat Abdullah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

"Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (HR Bukhari Nomor 1979)

Baca juga: Besok Puasa Senin Kamis, Syawal, Ayyamul Bidh Sekaligus! Ini Keutamaan Besarnya 

Baca juga: Hukum Menggabungkan Puasa Syawal, Ayyamul Bidh, dan Senin Kamis 

Adapun jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Juni 2022 yang bertepatan dengan Dzulqa'dah 1443 Hijriah adalah sebagai berikut:

1. Puasa sunah Senin sekaligus Ayyamul Bidh: 13 Juni 2022 (13 Dzulqa'dah 1443H).

2. Puasa Ayyamul Bidh: Selasa 14 Juni 2022 (14 Dzulqa'dah 1443H).

3. Puasa Ayyamul Bidh: Rabu 15 Juni 2022 (15 Dzulqa'dah 1443H).

Dzulqa'dah merupakan salah satu waktu yang tidak kalah istimewa dengan bulan hijriah lainnya. Umat Islam dianjurkan memperbanyak amal salih, salah satunya puasa sunah.

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, Rajab). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu". (QS At-Taubah: 36)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rasulullah Shalallahu alaihi wassallam bersabda:

وَإِنَّ بِحَسْبِكَ أَنْ تَصُومَ كُلَّ شَهْرٍ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فإن لك بِكُلِّ حَسَنَةٍ عَشْرَ أَمْثَالِهَا فإن ذلك صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

"Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang Kaulakukan. Karena itu, maka puasa Ayyamul Bidh sama dengan berpuasa setahun penuh." (HR Bukhari dan Muslim)

Adapun niat puasa Ayyamul Bidh cukup diungkapkan dalam hati. Pasalnya, niat adalah amalan dalam hati.

Selain menjalankan puasa sunah, setiap Muslim juga bisa melaksanakan amal salih lainnya, misalnya sedekah, zikir, tadarus Alquran, membaca salawat, dan lainnya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini